Rabu, 15/05/2024 15:16 WIB

Kemenhub Lepas 10 Ribu Lebih Pemudik Balik dari 5 Kota ke Jakarta

Kemenhub menyediakan 1.243 bus berkapasitas 55.935 orang dan 81 truk berkapasitas 3.645 unit sepeda motor.

Kementerian Perhubungan melepas 10 ribu lebih pemudi balik gratis dengan bus dari 5 kota.

Solo, Jurnas.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan, Sabtu (8/6/2019), melepas rombongan masyarakat yang akan kembali ke Jakarta secara serentak di beberapa kota. Para penumpang untuk program Balik Gratis ini diberangkatkan dari 5 lokasi yang merupakan terminal tipe A di Yogyakarta, Solo, Semarang, Wonogiri, dan Purwokerto.

Kemenhub menyediakan sebanyak 1.243 unit bus dengan kapasitas angkut 55.935 orang dan 81 unit truk dengan kapasitas angkut motor 3.645 unit untuk periode mudik dan balik gratis pada Angkutan Lebaran 2019 ini.

Di Terminal Tirtonadi Solo pelepasan dilakukan oleh Syaiful Bahri Kepala Subdirektorat Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan. 

“Hari ini kami melakukan pelepasan sebanyak 89 bus dengan total 4.000 penumpang di Terminal Tirtonadi. Secara bersamaan hari ini ada 5 pemberangkatan yaitu di Solo, Semarang, Yogyakarta, Purwokerto, dan Wonogiri dengan total 10.350 orang yang diangkut dengan 230 bus dengan tujuan akhir di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Harapan kami program ini dapat dilaksanakan secara terus menerus,” kata Syaiful.

Syaiful berharap penyelenggaraan rangkaian acara mudik gratis ini dapat mengurangi kemacetan di jalur mudik. “Pada saat Angkutan Lebaran, tentu ada peningkatan volume kendaraan yang melintas pada beberapa ruas jalan. Pada prinsipnya penyelenggaraan Mudik Bareng Asyik Lancar ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan sepeda motor dan kendaraan pribadi sehingga mengurangi beban lalu lintas pada jalur mudik serta untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pemudik,” ucap Syaiful.

Pemudik balik di Terminal Giwangan Yogyakarta, pada Sabtu (8/6/2019) pagi rombongan yang dilepas oleh Dody Arifianto, Kepala Seksi Angkutan Barang Umum Subdit Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan bersama Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Purwadi yaitu sebanyak 42 bus dengan 1.890 penumpang. Sementara pemberangkatan dari Terminal Giwangan esok hari, Minggu (9/6/2019) akan dilepas sebanyak 19 unit bus dengan 855 penumpang.

Di Terminal Mangkang Semarang rombongan bus dilepas oleh Renhard Ronald selaku Kepala Subdirektorat Angkutan Perkotaan Direktorat Angkutan Jalan dengan bus sejumlah 18 unit yang mengangkut penumpang 546 orang.

Selain itu, di Terminal Bulupitu Purwokerto dilepas oleh Deny Kusdyana, Kepala Subdirektorat Angkutan Orang Antar Kota Direktorat Angkutan Jalan dengan jumlah penumpang 590 orang yang diangkut dengan 24 bus.

Sementara M. Andi Rachmatullah selaku Kepala Seksi Angkutan Barang Khusus Subdirektorat Angkutan Barang Direktorat Angkutan Jalan melepas keberangkatan 30 bus dan 1.255 penumpang di Terminal Giri Adipura Wonogiri.

KEYWORD :

5 kota bus mudik




JURNAS VIDEO :



PILIHAN REDAKSI :