Jum'at, 26/04/2024 20:29 WIB

Prabowo Dilarang Jumatan di Masjid Kauman, Ini Alasannya

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dilarang menjalankan shalat Jumat di Masjid Agung Semarang, Jum’at (15/2) besok. Apa alasannya?

Prabowo Subianto

Jakarta - Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dilarang menjalankan shalat Jumat di Masjid Agung Semarang, Jum’at (15/2) besok. Alasannya, Prabowo dianggap mempolitisir ibadah sholat Jumat sekaligus memakai masjid untuk kepentingan politik.

Demikian disampaikan Ketua Takmir Masjid Agung Semarang alias Masjid Kauman, KH Hanief Ismail. Bahkan, Hanief yang juga Rais Syuriyah PCNU Kota Semarang itu menyampaikan keberatannya kepada Bawaslu Kota Semarang untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

"Kami para nadlir atau takmir Masjid Kauman merasa keberatan dengan rencana Jum`atan Prabowo tersebut. Tolong sampaikan ke Bawaslu agar mengambil tindakan yang perlu sesuai aturan hukum," kata Hanief.

Hanief menjelaskan, pihaknya tidak pernah mendapat surat secara resmi dari tim kampanye Prabowo-Sandi maupun dari partai pengusung pasangan Capres-Cawapres tersebut. Sehingga, rencana Prabowo menjalankan shalat Jum’at di Masjid Kauman tidak melibatkan Nadlir atau Takmir Masjid.

"Kami tidak pernah memperoleh surat apapun dari pihak Pak Prabowo atau partai pengusungnya. Jadi kami tidak terlibat dengan rencana adanya shalat Jum’at capres tersebut," tandasnya.

Kata Hanief, pada prinsipnya Takmis Masjid Kauman mempersilakan siapapun untuk sholat di masjid tersebut. Namun, pihak Takmir keberatan apabila peristiwa shalat itu dipolitisir dengan dijadikan sebagai ajang politik untuk pencitraan sebagai bahan kampanye, apalagi dengan mengerahkan massa dan menyebar pamflet ke masyarakat agar ikut Jum’atan bersama capres Prabowo Subianto.

"Kami mempersilakan siapa saja boleh shalat di Masjid Kauman. Setiap muslim boleh shalat Jum’atan di sini. Termasuk musafir. Tapi kalau untuk pencitraan kampanye, itu berpotensi melanggar aturan dan menodai kesucian masjid sebagai tempat ibadah," terangnya.

KEYWORD :

Pilpres 2019 Prabowo Subianto Sandiaga Uno




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :