Kamis, 02/05/2024 19:02 WIB

Lima Karakter Anak yang Perlu Dikembangkan Sejak Dini

Pentingnya stimulasi bermain setiap hari oleh keluarga dengan penuh kasih sayang untuk balita.

Anak memiliki karakter baik yang perlu dikembangkan sejak dini (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

Jakarta, Jurnas.com - Pola pengasuhan yang diterapkan orang tua tentu akan berdampak pada pembentukan karakter si Kecil. Diharapkan keterlibatan orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi, memberikan bimbingan, serta menanamkan nilai positif kepada si Kecil, akan membantu terbentuknya generasi Indonesia yang dapat berkontribusi bagi kelangsungan bangsa dan negara di masa depan.

Pada kesempatan ini, Prof.Dr. dr. Soedjatmiko SpA (K), MSi, seorang pakar tumbuh kembang anak juga memaparkan pentingnya stimulasi bermain setiap hari oleh keluarga dengan penuh kasih sayang untuk balita.

"Stimulasi bermain akan merangsang kemampuan pendengaran, penglihatan, memori, kognitif, bicara, emosi, gerak kasar dan halus, yang akan mengembangkan semua potensi-potensi anak, sehingga kelak menjadi anak yang sehat, cerdas, kreatif dan berperilaku baik," ucap Soedjatmiko.

Sementara itu, Psikolog Klinis Ratih Ibrahim mengatakan cara terbaik yang dapat dilakukan orang tua adalah ikut terlibat dalam proses eksplorasi dengan lebih banyak mengatakan ‘Iya Boleh’ kepada si Kecil.

Jika para orang tua mendorong si Kecil untuk bereksplorasi secara tepat, sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya, tentu ini akan membantu si Kecil untuk mengembangkan lima potensi karakter penting, yaitu Berani, Cerdas, Kreatif, Peduli, dan Pemimpin,” tambah Ratih.

Untuk menjadi Anak Unggul Indonesia yang sehat, cerdas, dan berkarakter, Dancow Advanced Excelnutri+ percaya ada lima karakter penting yang perlu dikembangkan oleh orang tua kepada si Kecil sejak usia dini, yaitu:

1. Berani

Eksplorasi merupakan salah satu cara untuk si Kecil berinteraksi dengan lingkungan, sehingga keberanian dan rasa percaya dirinya dapat berkembang dengan baik. Rasa percaya diri yang sehat merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan berbagai potensi lainnya, seperti problem-solving, decision-making, dan keterampilan sosial

2. Cerdas

Melalui eksplorasi yang tepat, sesuai dengan tahap perkembangannya, aspek kognitif si Kecil dapat terstimulasi melalui berbagai kegiatan dalam proses eksplorasinya.

3. Kreatif
Ketika terpapar pada berbagai stimulus dan situasi melalui kegiatan eksplorasi, imajinasi dan kreativitas si Kecil dapat berkembang dengan baik.

4. Peduli
Melalui aktivitas bersama teman lain atau orang dewasa, si Kecil belajar berinteraksi, berbagi, mengenal dan memahami perasaan orang lain, menunggu giliran, serta meningkatkan toleransinya.

5. Pemimpin
Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, penting untuk si Kecil memiliki sikap disiplin dan kemandirian yang baik. Eksplorasi mengasah kemampuan si Kecil untuk mengambil kontrol akan berbagai hal di sekitarnya

KEYWORD :

Karakter Anak Usia Dini




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :