Jum'at, 03/05/2024 02:49 WIB

Rakyat Venezuela Siap Lawan AS

Utusan Venezuela untuk PBB mengatakan bahwa orang-orang di negaranya siap untuk menentang kemungkinan intervensi militer Amerika Serikat.

Bendera Venezuela (foto: upi.com)

Jakarta, Jurnas.com - Utusan Venezuela untuk PBB mengatakan bahwa orang-orang di negaranya siap untuk menentang kemungkinan intervensi militer Amerika Serikat.

"Kami benar-benar siap menghadapi agresi militer oleh negara asing," kata Duta Besar Jorge Valero, perwakilan permanen Venezuela untuk PBB dilansir aa.

"Kami memiliki jutaan orang yang siap menghadapi perlawanan panjang dengan segala jenis senjata," tambahnya.

Venezuela telah diguncang oleh protes sejak 10 Januari ketika Presiden Nicolas Maduro dilantik untuk masa jabatan kedua setelah pemungutan suara yang diboikot oleh oposisi. Ketegangan meningkat pada 23 Januari ketika Juan Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara.

AS, Kanada, dan sebagian besar negara Amerika Latin telah mengakui Guaido, presiden Majelis Nasional, sebagai pemimpin sah Venezuela, tetapi sejauh ini Maduro menolak seruan untuk mundur.

Dia menuduh AS mengatur kudeta terhadap pemerintahnya, tetapi mengatakan dia terbuka untuk berdialog dengan oposisi.

AS telah memimpin kampanye internasional untuk menerapkan tekanan ekonomi dan diplomatik pada Maduro, termasuk sanksi pada hari Senin perusahaan minyak milik negara dan usaha patungan dengan mitra Nikaragua.

Rusia dan Cina sama-sama menentang seruan AS untuk mendukung Guaido, dan mengutuk setiap campur tangan internasional dalam urusan Venezuela. Turki dan Iran juga menaruh perhatian pada Maduro.

Valero menuduh AS menciptakan "situasi mirip-Vietnam", merujuk pada perang AS hampir 20 tahun di Vietnam.

"Presiden AS Donald Trump menciptakan, mengharapkan perang dunia ketiga," tambahnya.

Washington akan mengerahkan kekuatan militer ke Venezuela dalam beberapa hari mendatang, kata utusan itu.

“Saya yakin rakyat Venezuela akan menentang segala agresi dari negara asing. Kami berharap semua orang di dunia mendukung Venezuela, ”tambahnya.

Atas dukungan Turki untuk Maduro, Valero mengatakan: "Presiden Recep Tayyip Erdogan dan semua orang Turki mendukung perjuangan Venezuela."

"Kami sangat berterima kasih kepada presiden dan rakyat Turki karena mendukung Venezuela di saat bersejarah ini," tambahnya.

KEYWORD :

Rakyat Venezuela Nicolas Maduro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :