Jum'at, 26/04/2024 14:52 WIB

PSSI Resmikan Komite Ad Hoc Integritas

Pada kongres PSSI kali ini, yang terjadi dan dianggap penting adalah mundurnya Edy Rahmayadi sebagai ketua umum PSSI yang akhirnya digantikan posisinya sebagai pelaksana tugas oleh Joko Driyono.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi (kiri) berjabat tangan saat menyerahkan bendera organisasi sepak bola Indonesia kepada Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono setelah menyatakan pengunduran diri dalam pembukaan Kongres PSSI 2019 di Nusa Dua, Bali, Minggu (20/1/2019). Joko Driyono resmi menjabat pelaksana tugas ketua Umum PSSI. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/ama.

Bandung - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) meresmikan pembentukan komite khusus (ad hoc) integritas PSSI yang bertugas memerangi pengaturan skor dan manipulasi pertandingan. Juga membangun sinergitas dengan pemangku kepentingan lain, terutama kepolisian.

Kongres mengesahkan terbentuknya komite ad hoc integritas. Komite ni dipimpin oleh Ahmad Riyadh dengan wakilnya Azwan Karim," ujar Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI, Joko Driyono usai kongres tahunan PSSI 2019 di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali.

Dua nama itu diberikan waktu paling lambar dua minggu oleh peserta kongres untuk melengkapo komite yang beranggotakan tiga sampai lima orang. "Setelah itu harus dikonsultasikan dengan komite eksekutif PSSI untuk ditetapkan," ujar Joko dilansir Antara.

Dalam kongres itu, juga disepakati inisiatif PSSI membentuk lembaga independen yang berkaitan dengan wasit profesional yang khusus liga 1 dan liga 2 Indonesia.  Lembaga itu menyiapkan tiga pondasi awalnya, yakni sistem dan infrastruktur, manajerial, dan sumber daya manusia.

"Kami membutuhkan para ahli untuk kaitannya dengan manajerial. Kemudian harus mendapat dukungan penuh dari unit pengembangan wasit PSSI yang mendapat sokongan dari FIFA," ujar Joko.

Pada kongres PSSI kali ini, yang terjadi dan dianggap penting adalah mundurnya Edy Rahmayadi sebagai ketua umum PSSI yang akhirnya digantikan posisinya sebagai pelaksana tugas oleh Joko Driyono.


KEYWORD :

Kongres PSSI Pengaturan Skor Komite Khusus Sepakbola




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :