Minggu, 28/04/2024 03:28 WIB

George HW Bush di Mata Para Pemimpin AS

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan istrinya, Melania telah berduka atas kematian mantan presiden George HW Bush, yang meninggal pada Jumat malam pada usia 94 tahun.

Mantan Presiden George HW Bush adalah presiden yang paling lama hidup dalam sejarah AS. Dia meninggal pada hari Jumat pada usia 94 tahun.

Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan istrinya, Melania telah berduka atas kematian mantan presiden George HW Bush, yang meninggal pada Jumat malam pada usia 94 tahun.

Tak hanya Trump dan pasangan, mantan Presiden Barack Obama dan istri, Michelle, serta mantan presiden Bill Clinton dan istri Hillary, juga berduka cita atas presiden ke-41 AS tersebut.

Trump dan Melania memuji Bush karena kepemimpinannya yang tak pernah tergoyahkan dan mengilhami generasi-generasi sesama warga Amerika untuk melayani publik.

"Dengan penilaian yang baik, akal sehat dan kepemimpinan yang tak tergoyahkan, Presiden Bush membimbing bangsa kita dan dunia menuju akhir Perang Dingin yang damai dan menang," katanya dilansir Punch.

“Sebagai presiden, ia mengatur panggung selama puluhan tahun dan membawa kemakmuran bagi bangsa," lanjutnya.

“Dengan semua yang dia capai, dia tetap rendah hati."

Senada dengan Trump, Obawa menilai kehidupan Bush merupakan sebuah bukti gagasan bahwa pelayanan publik adalah panggilan yang mulia dan menyenangkan.

"Dan dia melakukan yang luar biasa baik sepanjang perjalanannya," kata Obama.

Mereka juga memuji prestasi mantan presiden, yang presiden 41 AS dan menjabat dari 1989 hingga 1993, dengan memperluas janji Amerika untuk imigran baru dan orang-orang cacat.

Mengurangi momok senjata nuklir dan membangun koalisi internasional yang luas untuk mengusir seorang diktator dari Kuwait.

“Dan ketika revolusi demokratik berkembang di seluruh Eropa Timur, itu adalah tangan diplomatiknya yang mantap yang memungkinkan pencapaian sekali pun memikirkan apa pun kecuali mengakhiri Perang Dingin tanpa melepaskan tembakan," katanya.

"Ini adalah warisan layanan yang mungkin tidak pernah dicocokkan, meskipun dia ingin kita semua mencoba," kata Obamas.

KEYWORD :

Pemimpin AS George Bush Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :