Senin, 06/05/2024 10:19 WIB

Pecatur Medina Tampil Memukau di Japfa Chess Festival

Pecatur putri andalan Indonesia, GM Medina Warda Aulia sukses mengalahkan pecatur terbaik WGM Janelle Mae Frana di babak ketiga Dwi Tarung Japfa Chess Festival ke-11

Atlet catur tanah air

Jakarta - Pecatur putri andalan Indonesia, GM Medina Warda Aulia sukses mengalahkan pecatur terbaik WGM Janelle Mae Frana di babak ketiga Dwi Tarung Japfa Chess Festival ke-11 di Wisman Kemenpora Senayan, Jakarta, Kamis (15/11). Mengawali laga dengan pembukaan Caro-Kann, Medina tidak memberikan kesempatan kepada lawannya untuk keluar dari tekanan.

Berkat kemenangan ini, Medina kini unggul 2,5 poin – 0,5 poin. Medina hanya membutuhkan 0,5 poin untuk memastikan kemenangannya pada Dwi Tarung kali ini pada laga babak keempat, Kamis (15/11).

Medina yang tampil memainkan buah putih, langsung tampil menyerang. Hasilnya, dia hanya membutuhkan 30 langkah untuk menyudahi perlawanan runner up Turnamen Catur Japfa 2018, April lalu di Solo, Jawa Tengah.

“Secara kualitas, Mae punya kemampuan yang bagus. Tapi saya juga heran mengapa penampilannya di Japfa Festival 2018, jadi menurun,” ujar Medina usai pertandingan.

Untuk babak ke-4 yang akan dimainkan Jumat (16/11) siang, Medina tak mau tampil ngotot. Dia akan bermain aman untuk memastikan tampil sebagai pemenang.

“Saya kan cuma butuh setengah angka. Lebih baik di babak keempat main aman saja,” tukasnya menambahkan.

Sebelumnya Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto sangat optimis Medina akan tampil sebagai pemenang.

“Dengan elo rating yang lebih baik (2404) berbanding Frana Mae (2247), Medina lebih berpeluang menang,” ujarnya yakin.

Menurut Utut, Dwi Tarung ini sebagai kesempatan bagi Medina untuk mendapat jam terbang dalam pengumpulan elo rating.

Japfa Chess Festival 2018 mempertandingan 12 nomor, salah satunya adalah Dwi Tarung antara Medina vs Mae Frana. Hadiah total untuk even kali ini adalah Rp162 juta plus 1.600 dolar AS.

KEYWORD :

Pecatur Putri Medina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :