Kamis, 02/12/2021 10:59 WIB

RSUD Karangasem Rusak Akibat Gempa Lombok

Gempa Bumi berkekuatan 7 SR yang berpusat di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dirasakan hingga ke Kabupaten Karangasem, Bali.

Ilustrasi Gempa

Denpasar – Gempa Bumi berkekuatan 7 SR yang berpusat di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dirasakan hingga ke Kabupaten Karangasem, Bali.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho ke media sosial pada Minggu (5/8) malam, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karangasem turut mengalami kerusakan.

“Kerusakan bangunan RSUD Karangasem Bali akibat gempa 7 SR, dengan pusat gempa 18 kilometer barat laut Lombok Timur,” tulis Sutopo.

Sutopo menjelaskan, kerusakan tersebut terjadi karena intensitas gempa yang dirasakan di Karangasem berada pada skala VI MMI (Modified Mercalli Intensity).

“Umumnya bangunan mengalami kerusakan jika diguncang gempa di atas VI MMI,” terangnya.

Diketahui, gempa Bumi kembali mengguncang kawasan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa berkekuatan 7 Skala Richter (SR) berpotensi tsunami.

Lewat cuitannya, Sutopo memperingatkan agar masyarakat waspada hingga ada peringatan dini tsunami dicabut.

"Gempa berkekuatan 7 SR berpotensi tsunami di Lombok," kata Sutopo.

Sementara Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperbarui informasi bahwa gempa tersebut berkekuatan 7 SR.

"Pemutakhiran, Peringatan Dini Tsunami di NTB, Gempa Mag:7.0," demikian cuit BMKG lewat akun Twitter resminya @infoBMKG.

Gempa yang terjadi pada Minggu (5/8) pukul 18.46 itu berasal dari kedalaman 10 km. Lokasi gempa berada pada titik 8.25 LS, 116.49 BT, atau sekitar 27 km Timur Laut Lombok Utara, NTB.

TAGS : Gempa Bumi Lombok




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :