Minggu, 28/04/2024 01:44 WIB

LAB Buat Penyaluran Zakat Tepat Sasaran

Kebutuhan darurat ini seperti pengobatan atau pemenuhan kebutuhan pokok lainnya, yang jika tidak ditangani cepat akan berakibat semakin buruk kepada keadaan mustahik

Layanan Aktif Baznas

Bogor - Demi meningkatkan ketepatan dalam menyalurkan zakat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kini memiliki unit layanan yang menjadi garda terdepan dalam mebernama Layanan Aktif Baznas (LAB).

LAB merupakan Pasukan Umar Bin Khattab yang memiliki tugas mencari dan menjaring mustahik atau orang yang berhak menerima zakat, infak dan sedekah. Sehingga dapat diberikan bantuan sesuai dengan kebutuhannya.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Mohammad Nasir Tajang mengatakan nama Umar Bin Khattab terinspirasi dari sahabat Rasulullah yang gemar bersedekah dengan mendatangi langsung ke rumah-rumah masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, merubah mindset yang awalnya menyalurkan bantuan kepada  mustahik datang ke kantor Baznas, kini melaakukan sistem menjemput bola memberikan bantuan langsung kepada mustahik dengan berkeliling mendatangi rumah-rumah mustahik yang membutuhkan kebutuhan darurat.

Kebutuhan darurat ini seperti pengobatan atau pemenuhan kebutuhan pokok lainnya, yang jika tidak ditangani cepat akan berakibat semakin buruk kepada keadaan mustahik.

"Selama bulan Ramadhan ini Pasukan Umar Bin Khattab memberikan layanan langsung dengan mendatangi dan menyalurkan bantuan kepada mustahik yang membutuhkan di seputar wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi,” ujar Moh. Nasir dalam acara Ekspose Layanan Aktif Baznas di Botani Square, Bogor, Sabtu malam (26/5/2018).

Ia menjelaskan Pasukan Umar Bin Khattab ini baru berjumlah 20 orang dengan disupport 5 mobil. Mereka akan memverifikasi mustahik melalui kerja sama dengan RT/RW setempat.

“Pasukan Umar Bin Khattab adalah layanan cepat, dari survei hingga pemberian bantuan dilakukan dalam tempo singkat. Jika survey dilaksanakan pagi hari, maka pada siang hari bantuan sudah bisa disalurkan,” kata Moh. Nasir.

Menurutnya, besar kecilnya bantuan tergantung kebutuhan mustahik yang berdasarkan survei dari Pasukan Umar Bin Khattab.

“Setelah cek and ricek dari Pasukan Umar Bin Khattab ternyata mustahik membutuhkan bantuan yang lebih besar dan tidak bisa ditangani oleh Layanan Aktif Baznas, maka akan dilayani program Baznas lain seperti Rumah Sehat Baznas dan program-program pendayagunaan ekonomi,” tutur Moh. Nasir.

KEYWORD :

Zakat LAB Baznas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :