Minggu, 05/05/2024 09:47 WIB

Lantik 6 Pejabat Baru, Menteri Amran: Tolong Jaga Komoditas Strategis

Saat ini suplai beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) di atas 44 ribu ton atau  hampir dua kali lipat dari standar yang diberlakuka.

Manteri Pertanian saat melantik enam pejabat eselon II Kementerian Pertanian di Gedung Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta, Selasa (15/5).

Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan)  Andi Amran Sulaiman  kembali mengingatkan  pejabat Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menjaga stok komoditas bahan pangan strategis terutama menjelang Ramadan.

"Kita hadapi Ramadan sebentar lagi, tolong dijaga komoditas strategis, cabai, bawang, telur, minyak goreng, daging, saya minta dijaga. Hingga  saat ini stoknya aman karena kita sudah persiapkan dua bulan yang lalu," kata Amran usai melantik enam pejabat eselon II Kementerian Pertanian di Gedung Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta, Selasa (15/5).

Menteri Amran juga memastikan bawah stok beras saat ini aman. Saat ini suplai beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) di atas 44 ribu ton atau  hampir dua kali lipat dari standar yang diberlakukan. Di samping itu, saat ini panen pun masih terus berlanjut.

"Cabai aman. Tolong dipetakan kalau terjadi kekurangan satu titik segera dimobilisasi dari produksi," tegas pria yang dijuluki Bapak Jagung itu.

Kemudian, lanjut Menteri Amran, Ayam dan telur  tidak ada lagi alasan harga melejit, sebab stok saat  ini over suplai dan sudah ekpor ke beberapa negara tetangga, termasuk ke Jepang tiga minggu yang lalu.

"Beras, cabai bawang merah, bawang putih daging minyak goreng tida ada alasan lagi naik karean stoknya kami tambah 30 persen dari kebutuhan hari-hari biasa. Sekali lagi pesan saya, tolong jaga pasokan di seluruh Indonesia agar distribusinya lancar," ujar Menteri Amran.

Untuk diketahui, enam pejabat eselon II yang dilantik itu di antaranya, tiga  Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II a dan tiga Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II b.

Adapun Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II a yang dilantik adalah Widono sebagai Kepala Biro Keuangan dan Perlengkapan Sekretariat Jenderal, I Ketut Kariyasa sebagai Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Sekretariat Jenderal, Moh Ismail Wahab sebagai Pj Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Untuk pejabat eselon II b ada 3 orang yang dilantik yaitu Warjito sebagai Kepala Balai Besar Pengembangan Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan dan Holtikultura Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Yulia Asni Kurniawati sebagai Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM, serta Bambang Haryanto sebagai Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan Badan Karantina Pertanian.

KEYWORD :

Kementan Andi Amran Sulaiman pangan strategis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :