Jum'at, 03/05/2024 05:31 WIB

Upsus Siwab Bawa Berkah Sapi Milik Peternak di Sleman

Pada 2018 kinerja Upsus Siwab di Provinsi DIY sebanyak 47.644 ekor IB, 19.681 ekor kebuntingan, dan 9.054 ekor kelahiran

Sugiono mengunjungi sapi kembar tiga di Sedyo Rukun Desan Nglengis Banyurejo Tempel Kabupaten Sleman, Jumat (20/04)

Yogyakarta - Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian (Kementan) Sugiono saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (20/5).

Dalam lawatan tersebut, Sugiono menyempatkan untuk berkunjung ke Kelompok Ternak Sedyo Rukun Desan Nglengis Banyurejo Tempel Kabupaten Sleman (20/04) untuk melihat langsung pedet lahir kembar tiga.

"Saya sangat gembira dan bersyukur atas kelahiran pedet kembar tiga ini, jika semua peternak sapinya melahirkan seperti ini pasti mereka akan mendapatkan banyak untung," kata Sugiono.

"Ini sebagian keberkahan dari program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) buat peternak Indonesia. Ini adalah bukti bahwa Upsus Siwab mampu berperan dalam meningkatkan populasi ternak sapi untuk menuju swasembada protein hewani," tambahnya.

Sugiono menyebutkan, capaian pelayanan Inseminasi Buatan (IB) 2017 mengindikasikan bahwa penerapan teknologi IB menjadi bagian penting dalam upaya peningkatan jumlah ternak baik ditingkat peternak maupun skala nasional. Realisasi kebuntingan juga dinilai cukup berhasil meskipun tidak sebesar capaian IB. Tingkat kebuntingan yang mencapai 63,08 persen setidaknya telah melebihi beberapa perkiraan sebagian pakar yang sebelumnya menilai tingkat kebuntingan sekitar 40-45 persen.

Pelaksanaan Upsus Siwab secara nasional per Januari 2017 hingga dengan 13 April 2018 terealisasi kegiatan inseminasi buatan (IB) sejumlah 5.143.398 ekor. Kebuntingan 2.334.794 ekor; dan kelahiran sebanyak 1.136.454 ekor. Jumlah tersebut akan bertambah terus sampai akhir 2018, sehingga diharapkan akan mencapai target bahkan bisa melebihi target.

Lebih lanjut disampaikan, keberhasilan yang telah dicapai oleh Provinsi DIY agar terus ditingkatkan dan dipertahankan dalam upaya percepatan pencapaian target upsus siwab.

"Saya ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan petugas lapangan, baik Inseminator petugas pemeriksa kebuntingan maupun ATR dan yang lainnya yang telah mensukseskan pelaksanaan Upsus Siwab," kata Sugiono.

"Kami berharap pelaksanaan Upsus Siwab tahun ini dapat meraih kesuksesan seperti pada tahun sebelumnya," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Sugiono sangat menyampaikan kekagumannya saat mengunjungi Kelompok Ternak Sedyo Rukun yang sebagian besar anggotanya adalah anak muda.

"Kelompok ini dapat menjadi contoh buat anak muda sekarang," ucap Sugiono.

"Kami berharap agar peran pemuda lebih ditingkatkan untuk beternak karena yang beternak itu menguntungkan jika dikelola dengan manajemen yang baik," sambungnya.

 

KEYWORD :

Kementan Sapi Upsus Siwab Sugiono




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :