Jum'at, 10/05/2024 23:14 WIB

Mendes PDTT Perkirakan Dana Desa Meningkat Rp73 Triliun

Perangkat desa harus bekerja lebih giat lagi dalam membangun desanya sesuai dengan program yang telah direncanakan.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara Kamis (12/4).

Bolaang Mongondow - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Eko Putro Sandjojo menyebutkan bahwa dana desa diperkirakan akan meningkat pada tahun 2019 sebesar Rp 13 triliun. Dari Rp 60 triliun menjadi 73 triliun.

"Pagunya untuk tahun depan ditingkatkan dari Rp60 trilin menjadi Rp70 hingga 80 triliun. Mungkin jadi Rp73 triliun," kata Eko saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara Kamis (12/4) lalu.

Dengan adanya kemungkinan kenaikan alokasi anggaran dana desa tersebut, Eko berharap para perangkat desa bekerja lebih giat lagi dalam membangun desanya sesuai dengan program yang telah direncanakan.

"Jika tahun ini program Dana Desa berhasil dan mampu menghasilkan peningkatan ekonomi bagi masyarakat desa, maka bukan tidak mungkin anggaran Dana Desa tahun depan akan ditambah," katanya.

Menanggapi pada tahun ini dana desa yang turun ke desa masih ada sejumlah desa yang turun. Mendes PDTT menjelaskan bahwa dana desa turun disebabkan karena formulasi pembagian dana desa juga mengalami perubahan.

Sebelumnya formula pembagiannya sebesar 90 persen dibagi rata keseluruh desa dan sisanya sebesar 10 persen buat afirmasi. Kini, formulasi pembagiannya menjadi 80 persen dibagi rata ke seluruh desa dan 20 persennya buat afirmasi yang bermanfaat untuk mengentaskan kemiskinan.

"Kita lihat, bahwa desa tertinggal itu masih membutuhkan dana yang lebih. Maka sekarang kita rubah formulasi pembagiannya agar desa-desa yang sangat tertinggal yang penduduknya banyak, miskin dan terluar nantinya akan bisa mendapatkan dana desanya hingga Rp3,5 miliar karena bukan hanya dari dana desa saja. Tapi, juga akan dibantu oleh 19 kementerian dan lembaga lainnya," kata Eko.

Tapi, jangan kawatir, insya allah tahun depan dana desa bisa meningkat," sambungnya.

KEYWORD :

Info Kemendes Dana Desa Eko Putro Sandjojo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :