Sabtu, 27/04/2024 08:08 WIB

Potensi Pariwisata Sulawesi Utara Terkendala SDM dan Infrastruktur

Setiap pesawat dari China membawa 200 wisatawan. Tapi hanya dilayani enam orang petugas imigrasi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ricky Toemandoek, Manado, Jumat (13/4).

Manado - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ricky Toemandoek mengatakan, Sulawesi utara memiliki potensi pariwisata dari kelautan, hanya saja potensi besar itu terkendala terkendala sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur.

Demikian disampaikan dalam diskusi `Menggali Potensi Kelautan Nasional` bersamaan dengan press gathering pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dengan wartawan parlemen di Hotel Grand Luley, Manado, Jumat (13/4) malam.

Menurut Ricky, setiap pesawat dari China membawa 200 wisatawan. Tapi hanya dilayani enam orang petugas imigrasi.

"Kalau ada beberapa kali penerbangan dari China, petugas imigrasi kita kewalahan," jelas Ricky.

Karena itu, lanjut Ricky, Gubernur Sulut meminta untuk membatasi wisatawan dari China sebelum ada penambahan petugas imigrasi. Kendala lainnya, Ricky menyebutkan apron di Bandara Sam Ratulangi Manado selalu penuh pesawat yang parkir setiap malam.

"Pesawat terpaksa harus parkir di Gorontalo," ujar Ricky.
 
"Kita sedang merencanakan pembagunan bandara alternatif di Bitung. Landasan bisa mencapai 4.000 meter. Pembangunan bandara alternatif ini sudah ditawarkan ke pemerintah China,"sambugnya

Pembicara anggota MPR Yanuar Prihatin melihat keluhan dari Kepala Bappeda Sulut menunjukkan pemerintah tidak memiliki visi wisata yang kuat. Ketika turis membludak justru dibatasi karena kekurangan petugas imigrasi.

"Kita tidak menyiapkan diri menjadi bangsa yang unggul dalam pariwisata. Kita kehilangan visi tentang pariwisata," katanya.

Yanuar mencontohkan Perancis setiap tahun ada sekitar 90 juta wisatawan. Indonesia hanya sembilan juta wisatawan setiap tahun. Thailand bisa mendapatkan 300 triliun dari pariwisata seandainya setiap wisatawan mengeluarkan Rp10 juta.

"Kita tidak punya visi yang besar tentang pariwisata," ucapnya.

KEYWORD :

Warta MPR Press Gathering Pariwisata Sulawesi Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :