Minggu, 05/05/2024 03:48 WIB

Sudahkah Anda Mengamankan Data Berharga?

Merayakan World Back-up Day, ayo manfaatkan momen ini untuk mulai mem-back-up semua memori berharga Anda!

World Backup Day (Foto Ilustrasi)

Jakarta - Dalam era digital ini, pertumbuhan data terus meningkat, baik itu di rumah maupun perusahaan, mulai dari individual yang mengambil foto keluarga, hingga pelaku bisnis yang menyimpan informasi pelanggan dan perusahaan, bahkan juga pemerintah yang
melakukan implementasi smart city.

Kapankah terakhir kali Anda berfoto bersama keluarga dan teman-teman? Atau mungkin membuat video liburan dan membagikannya di Instagram dan Facebook?

Pada kenyataannya, data telah menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari hari ;kita selalu membuat dan membagikan konten digital hampir setiap hari. Memperingati World Backup Day pada tanggal 31 Maret, apakah Anda sudah siap menjaga semua data berharga Anda? Bagaimana cara Anda mengabadikan memori ini?

Menurut survey terbaru dari Western Digital, hampir satu dari dua orang (45%) mengaku bahwa mereka belum memiliki rencana back-up untuk menyimpan data-data digital mereka.

Lebih jauh, 31% responden mengatakan bahwa mereka tidak pernah memback-up data-data mereka sama sekali. Ini berarti, jika sewaktu-waktu gadget mereka rusak, hilang, atau dicuri, semua memori berharga ataupun dokumen kantor yang telah dikerjakan berminggu-minggu, akan hilang dalam sekejap.

Anda bisa menghindari hal tersebut dengan mem-back-up data Anda secara teratur. Berikut ini adalah beberapa tips dari Western Digital untuk membantu Anda mem-backup data dengan lebih mudah, bahkan di tengah kesibukan Anda:

1. Pilih kapasitas penyimpanan yang cocok dengan kebutuhan!

Ketika Anda membuat konten digital setiap hari, Anda pasti menginginkan solusi penyimpanan dengan kapasitas yang cukup. Untuk kebutuhan sehari-hari, Anda bisa pilih WDMy Passport / WD My Passport Ultra yang memiliki kapasitas memori hingga 4TB. Sementara, kalau Anda adalah seorang fotografer atau vlogger yangmemproduksi foto high-resolution dan video 4K.

Anda bisa mengandalkan WD MyBook yang berkapasitas hingga 8TB. Ketiga pilihan ini hadir dengan adanyaperangkat lunak WD Backup supaya proses back-up bisa berjalan lebih mudah.

2. Jangan lupa back-up smartphone Anda!

Siapa yang pernah merasa kesal ketika memori handphone hampir penuh dan jadi lemot? Nah, sekarang Anda bisa mem-back-up data di handphone dengan sangat mudah, semudah memasang USB. Bagi perangkat Android, ada SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 yang dengan mudah terhubung ke handphone, tablet, ataupun laptop.

Sementara untuk pengguna iPhone, ada iXpand Base yang bisa menyimpan semua memori berharga Anda dengan mudah dan tanpa ribet. iXpand juga berfungsi sebagai charger iPhone, sehingga setiap kali Anda mengisi daya baterai dengan iXpand
Base, maka foto, video, dan kontak yang ada dalam iPhone akan otomatis tersimpan.

KEYWORD :

World Backup Day data penyimpanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :