Senin, 29/04/2024 04:37 WIB

Tradisi Unik Menghias Hewan Qurban di Pakistan

Tradisi memotong hewan qurban merupakan salah satu rangkaian dalam merayakan hari raya Idul Adha bagi umat muslim di seluruh dunia

hewan Qurban Pakistan

Jakarta – Tradisi memotong hewan qurban merupakan salah satu rangkaian dalam merayakan hari raya Idul Adha bagi umat muslim di seluruh dunia. Biasanya masyarakat memilih kambing, sapi atau unta untuk dikurbankan dan prosesi pemotongannya hampir sama di setiap negara.

Namun uniknya di Pakistan memiliki keunikan sendiri sebelum melakukan pemotongan hewan qurban. Muslim Pakistan memiliki kebiasaan unik yaitu memandikan hewan kurban mereka sebelum dipotong.

Tradisi memandikan hewan kurban yang dilakukan ini untuk menjaga kebersihan kambing dan sapi sebelum dijual. Setelah hewan kurban dimandikan dengan bersih, hewan kurban akan dihias dengan kalung-kalung bunga serta hiasan-hiasan plastic.

Hal itu dipercaya sebagai penghargaan terhadap apa yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS, dimana Nabi Ibrahim ikhlas menjalankan perintah Allah Swt.

Tak hanya itu, Pemerintah Pakistan juga memerintahkan agar semua toko ditutup selama empat hari penuh, serta meliburkan para pegawai agar merayakan Idul Adha dengan khidmat.

 

 

KEYWORD :

Idul Adha Pakistan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :