Rabu, 01/05/2024 21:12 WIB

Rooney Pulang ke Everton

Rooney mencatatkan 77 kali berlaga untuk Everton dan mencetak 17 gol antara 2002 sampai 2004, ketika ia pindah untuk bergabung dengan United.

Wayne Rooney

London - Pemain Manchester United Wayne Rooney pada Minggu bergabung kembali dengan klub masa kecilnya Everton dengan ikatan kontrak dua tahun, setelah 13 tahun bertabur trofi di Old Trafford.

Mantan kapten timnas Inggris menyampaikan kegembirannya dapat kembali ke klub di mana ia memulai kariernya setelah melalui akademi pemain muda.

"Saya benar-benar merasa bahwa kini klub bergerak ke arah yang tepat, memasukkan pemain-pemain berkaliber. Saya ingin menjadi bagian dari hal itu dan mudah-mudahan bagian dari tim Everton yang sukses," kata pria berusia 31 tahun ini.

Rooney tidak menginformasikan besaran nilai transfernya dari MU ke klub lamanya Everton, namun ia menyatakan senang bisa merumput kembali di Goodison Park.

"Saya senang luar biasa. Saya tidak sabar untuk kembali bermain." 

Nama Rooney meroket di panggung Liga Inggris ketika ia mencetak gol penentu kemenangan untuk Everton saat melawan Arsenal saat masih berusia 16 tahun, dan ia pindah ke United dua tahun kemudian untuk biaya transfer yang dilaporkan media Inggris sebesar 25 juta pound.

Mengukir tiga gol pada debutnya di United saat melawan Everton di Liga Champions, Rooney telah memainkan lebih dari 550 pertandingan untuk klub itu, mengoleksi 253 gol untuk menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa mereka, melampaui rekor pemain legendaris Bobby Charlton.

Debut untuk Inggris Debut Rooney untuk Inggris terjadi saat timnas masih diarsiteki Sven-Goran Eriksson, saat ia masih berusia 17 tahun, dan ia menjadi pemain tersubur untuk negaranya dengan 54 gol dan pemain non-kiper dengan jumlah penampilan terbanyak yakni 119 pertandingan.

Di United ia telah memenangi Liga Champions, lima gelar Liga Inggris, dan Piala FA, serta menjadi Pemain Terbaik Liga Inggris pada 2010.

Namun pada musim lalu ia tidak banyak mencatatkan penampilan ketika ia tidak lagi menjadi sosok yang otomatis masuk tim inti di bawah asuhan manajer Jose Mourinho, dan kehilangan posisinya di timnas Inggris.

"Bukan rahasia bahwa saya telah lama mengagumi Wayne," kata Mourinho di situs resmi United.

Kontribusi nyata Manajer Everton Ronald Koeman meyakini Rooney dapat memberikan kontribusi nyata kepada klub Merseyside itu musim depan.

"Ia mencintai Everton dan ia sangat ingin kembali," kata pria asal Belanda itu.

Rooney mencatatkan 77 kali berlaga untuk Everton dan mencetak 17 gol antara 2002 sampai 2004, ketika ia pindah untuk bergabung dengan United. 

Ketika sang penyerang terlihat di lapangan latihan Everton pada Sabtu untuk menjalani pemeriksaan medis, para penggemar "The Toffees" menyambut kembalinya sang pemain yang pertama kali bergabung dengan klub pada usia sembilan tahun. (Ant/Reuters) 

KEYWORD :

Wayne Rooney MU Everton transfer




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :