Jum'at, 03/05/2024 07:33 WIB

Rokan Hulu, Negeri Seribu Surau di Tanah Riau

Kota ini dikenal dengan julukan negeri seribu suluk karena satu hal yang mencirikannya. 

Mesjid Agung Rohul

Rokan Hulu merupakan salah satu kota di provinsi Riau yang memiliki julukan negeri seribu suluk. Nama tersebut disandang lantaran banyaknya surau-surau suluk yang dapat ditemukan di kota tersebut. Surau-surau itu dimanfaatkan oleh para ustad atau agamawan untuk mengajarkab ajaran keagamaan kepada masyarakat Rohul

Masyarakat Rohul dikenal sangat agamis dan sangat menjunjung nilai-nilai keagamaan di dalam bermasyarakat. Walaupun masyarakatnya sangat beragam namun mayoritas Muslim menempati kota tersebut. 

Kota dengan luas sekitar tujuh ribu km persegi itu memilikin penduduk dengan mayoritas termasuk dalam salah rumpun Minangkabau. Sebagiannya diisi oleh suku-suku lain seperti Batak, Melayu, Bugis dan Jawa. 

Menurut salah seorang warga Rohul, Wandi, dahulu Rohul merupakan tempat kerajaan-kerajaan Muslim. Makanya banyak terdapat peninggalan-peninggalan kerajaan seperti makam raja-raja Rembah, puing istana Rokan dan peninggalan sejarah lainnya.  "Disini dulu terdapat kerajaan, makanya banyak puing-puing kerajaan yang ditinggalkan," ungkap Wandi kepada Jurnas.com.

Selain memiliki julukan yang unik, Rohul juga memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti mesjid agung nasional madani, air panas Pawan, benteng tujuh lapis dan air terjun tersembunyi di Bangunpurba.

KEYWORD :

Rohul Riau Sumatera




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :