Jum'at, 03/05/2024 11:25 WIB

INTERNASIONAL

Korsel Selidiki Empat Warga Korut

Kementrian Unifikasi Korea Selatan pada Senin (5/6) akan menanyai empat warga Korea Utara yang berhasil diselamatkan dari perairan lepas di pantai timur

Menteri Unifikasi Korea Selatan Lee Duk Haeng

Seoul - Kementerian Unifikasi Korea Selatan pada Senin (05/06) akan menanyai empat warga Korea Utara yang berhasil diselamatkan dari perairan lepas di pantai timur, dan akan mengembalikan mereka ke negara asalnya jika keempatnya berkehendak demikian.

Warga Korut yang dilanda kemiskinan terkadang memang lebih memilih kabur dari negaranya dan mencoba melintasi perbatasan maritim yang selama ini disengketakan kedua negara dengan menggunakan kapal nelayan.

Dilansir dari Chananelnewsasia, keempat warga Korea Utara itu ditemukan di dua kapal pada hari Jum`at (2/6) dan Sabtu (3/6) oleh angkatan laut Korea Selatan.

"Sekarang mereka sedang diselidiki dan akan ditanya apakah mereka ingin kembali ke negara asalnya," ujar juru bicara Kementrian Unifikasi Lee Duk Haeng.

Penyelamatan tersebut terjadi setelah beberapa hari lalu pemerintah Korsel mengembalikan enam nelayan Korea Utara yang sempat tersesat di perairan negeri ginseng tersebut.

Secara teknis Korea Utara dan Selatan masih berada dalam kondisi perang sejak konfilk yang terjadi 1950-1953 lalu, karena keduanya tidak pernah mengakhiri perseteruan itu dnegan perjanjian damai melainkan memutuskan untukan melakukan genjatan senjata.

KEYWORD :

Korea Utara Korea Selatan Imigran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :