Senin, 06/05/2024 06:02 WIB

Begini Aturan Minum Soju Bareng Orang Korea

Soju merupakan salah satu minuman beralkohol yang paling digilai di Korea. Tahukah Anda, ada aturan unik untuk mulai meminumnya.

Ilustrasi

Jakarta - Soju merupakan salah satu minuman beralkohol yang paling digilai di dunia. Biasanya sebelum meminum soju, terdapat satu kebiasaan untuk mengguncang dan memukul leher botol sebelum meminumnya. Banyak yang mengikuti kebiasaan tersebut namun pada kenyataannya mereka tidak tahu makna dibalik tradisi itu.

Semua itu dilakukan karena di masa lampau, soju biasanya ditutup menggunakan gabus, maka dari itu kebiasaan untuk mengocok botol itu berasal di masa penggunaan tutup gabus tersebut.

Saat itu gabus dengan kualitas yang kurang bagus dan murah digunakan sebagai penutup botol minuman beralkohol tersebut, jadi jika dipaksakan untuk membukanya, gabus itu akan hancur dan serpihannya akan masuk ke dalam minuman. Karena alasan itulah, orang akan mengguncang botol soju sebelum meminumnya.

Karena bagian gabus yang hancur akan naik ke atas, sedangkan kebiasaan menepuk leher botol itu dilakukan untuk menyingkirkan remah-remah bubuk gabus tersebut.

Selain itu, mengocok botol soju akan membantu mencampur partikel air alkali dengan alkohol. Meski kebiasaan ini sudah tidak perlu dilakukan lagi sekarang, karena tutup botol soju saat ini sudah menggunakan lempengan logam, namun tradisi ini masih terus berlanjut sampai zaman ini.

Jadi jika lain kali teman anda melakukan kebiasaan tersebut, paling tidak anda sudah mengetahui alasannya.

Selain itu pastikan untuk meminum gelas pertama bersama-sama, dan jangan menuangkan minuman anda sendiri, biarkan orang lain melakukan hal tersebut dan sebaliknya. Jika ada orang yang lebih tua, pastikan selalu menuangkan minuman untuk mereka.

KEYWORD :

Internasional Budaya Soju




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :