Jum'at, 26/04/2024 14:49 WIB

Internasional

Kapan Jared Kushner Jadi Incaran FBI?

Jared Kushner diketahui memiliki tiga kontak yang belum diungkapkan terkait hubungan duta besar Rusia dengam Amerika Serikat

Menantu Presiden Donald Trump sekaligus penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner (R) dan Donald Trump (Foto: Reuters)

Jakarta - Menantu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Jared Kushner diketahui memiliki tiga kontak yang belum diungkap terkait hubungan duta besar Rusia dengan AS selama dan setelah kampanye presiden 2016, menurut tujuh mantan pejabat AS kepada Reuters.

Kontak tersebut mencakup dua panggilan telepon antara bulan April dan November tahun lalu. Pada awal tahun ini, Kushner menjadi fokus investigasi FBI mengenai apakah terdapat kolusi antara kampanye Trump dan Kremlin, kata dua sumber, satu mantan pejabat penegakan hukum saat ini dan satu mantan.

Kushner pada awalnya menarik perhatian penyidik FBI tahun lalu saat mereka mulai meneliti mantan penasihat keamanan nasional Michael Flynn dengan pejabat Rusia, kata kedua sumber tersebut. Sementara FBI sedang menyelidiki kontak Kushner dengan Rusia, Ia saat ini tidak menjadi sasaran investigasi tersebut, kata pejabat penegakan hukum saat ini.

Informasi terbaru tentang dua panggilan serta rincian lainnya yang belum terungkap oleh Reuters menyoroti kapan dan mengapa Kushner pertama kali menarik perhatian FBI dan menunjukkan bahwa kontaknya dengan Duta Besar Rusia Sergey Kislyak lebih luas daripada yang diakui Gedung Putih.

FBI menolak berkomentar, sementara Kedutaan Besar Rusia mengatakan bahwa kebijakan untuk tidak mengomentari kontak diplomatik individu. Gedung Putih tidak menanggapi permintaan komentar.

Pengacara Kushner, Jamie Gorelick, mengatakan Kushner tidak ingat ada telepon dengan Kislyak antara bulan April dan November.

"Kushner berpartisipasi dalam ribuan panggilan dalam periode waktu ini. Ia tidak ingat akan telepon seperti yang dijelaskan. Kami telah meminta (Reuters) untuk tanggal dugaan panggilan tersebut sehingga kami dapat melihatnya dan merespons, namun kami belum menerima informasi tersebut, "katanya.

Pada Maret, Gedung Putih mengatakan Kushner dan Flynn telah bertemu Kislyak di Trump Tower bulan Desember untuk membentuk "garis komunikasi". Kislyak juga menghadiri sebuah pidato kampanye Trump di Washington pada bulan April 2016 yang dihadiri Kushner. Gedung Putih tidak mengakui kontak lain antara Kushner dan pejabat Rusia

KEYWORD :

Donald Trump FBI Jared Kushner




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :