Selasa, 07/05/2024 06:51 WIB

Insentif Bakal Menarik Minat Konsumen ke Kendaraan Hybird

Insentif itu membuat harga Yaris Cross Hybrid hampir setara dengan kendaraan Toyota Raize yang ada di Indonesia

Toyota terpaksa menghentikan pekerjaan di pabrik domestik setelah serangan siber terhadap pemasok (Foto: AFP/File/Kazuhiro NOGI)

Jakarta, Jurnas.com - Insentif bagi kendaraan hybird diperkirakan bisa genjot minat konsumen untuk beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan.

Marketing Director Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy berharap dengan disahkannya insentif untuk kendaraan hybrid nanti akan memberikan manfaat yang lebih bagi pertumbuhan kendaraan elektrifikasi di Tanah Air, khususnya pada segmen hybrid.

"Jadi saya optimistis bahwa pengesahan untuk memberikan insentif kendaraan hybrid akan cepat disahkan," kata Anton Jimmy, Senin (19/2/2024).

Anton mencontohkan, pertumbuhan Yaris Cross hybrid di Thailand yang memiliki serapan yang cukup positif. Hal itu tidak lain karena pemerintah setempat memberikan insentif untuk kendaraan dengan tipe hybrid.

"Thailand memberikan subsidi untuk kendaraan-kendaraan baik EV maupun hybrid. Sehingga, harga untuk Yaris Cross hybrid jadi lebih murah dibandingkan dengan Indonesia," ucap dia.

Insentif itu membuat harga Yaris Cross Hybrid hampir setara dengan kendaraan Toyota Raize yang ada di Indonesia yang dibanderol Rp 235 juta hingga Rp 305,1 juta. Sedangkan untuk Yaris Cross Hybrid di Indonesia dibanderol dengan harga Rp 440 jutaan.

Diketahui, kendaraan hybrid masih setara dengan kendaraan konvensional, yakni sebesar 12,5 persen dan juga 1,75 persen sehingga totalnya mencapai 14,25 persen.

Sedangkan tarif PPnBM mencapai 6 persen, sesuai aturan yang tertera pada PP 74 Tahun 2021 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.(ant)

KEYWORD :

Kendaraan Hybird Insentif




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :