Senin, 20/05/2024 14:23 WIB

Hoax

Awas Keliru! Megawati Sebut Rakyat Jawa Barat Banyak Juga Pembohong

Awas Keliru! Megawati Sebut Rakyat Jawa Barat Banyak Juga Pembohong

Awas Keliru! Megawati Sebut Rakyat Jawa Barat Banyak Juga Pembohong. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah akun Facebook noname.ind._ membagikan video berjudul, "Megawati Sebut Rakyat Jawa Barat Banyak Juga yang Pembohong".

Sejak diupload pada Selasa, 23 Januari 2024, video itu sudah disukai 6,6 ribu pengguna Facebook, 741 komentar, 134 kali dibagikan, dan 780 ribu tayang per tanggal 28/1/24.

Dalam unggahan video berdurasi 1 menit 29 detik itu, memperlihatkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri sedang di atas panggung, berdialog dengan warga. “Kan ada, lagu saja itu yang namanya Bandung Lautan Api, ingat apa tidak? Jangan bohong sama ibu, ibu ini apal banget mana ini yang bohong-bohong. Hayo lo ya,” ujar Megawati.

“Nah jadi janji lho ya? Berapa (putaran), mesti menangnya?” kata Megawati.

“Satu…” jawab kompak warga depan panggung.

“Harus menang? Betul ya ini mau nyoblos dulu bismillah lo ya kalau enggak ini ngelihat ke atas lho, itu pasti dia bilang nih kok rakyat Jawa Barat," kata Megawati dalam video itu terpotong.

Hasil Verifikasi dan Penjelasan

Berdasarkan penelusuran tim cek fakta Jurnas.com, video tersebut merupakan video potongan dari acara kampanye akbar perdana di Lapangan Tegalega, Bandung, Jawa Barat, yang diunggah Merdeka dalam laman media sosialnya, pada Minggu (21/1/2024) lalu.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri memang sempat menyinggung rakyat Jawa Barat banyak juga pembohong, namun jika melihat dalam video lengkapnya, penyebutan itu dalam konteks mengandaikan.

Sehingga dapat dipahami bahwa bukan maksud Megawati ingin mengatakan bahwa rakyat Jawa Barat banyak yang pembohong. Megawati hanya meminta penegasan dan kejujuran dari masyarakat sambil mengingatkan bawah yang "Di atas (Tuhan)" melihat.

Berikut narasi lengkap ucapan Megawati:

“Harus menang? Betul ya ini mau nyoblos dulu bismillah lo ya kalau enggak ini ngelihat ke atas lho, itu pasti DIA bilang nih kok rakyat Jawa Barat banyak juga pembohong ya. Karena kan sudah dibilang apa? Jurdil, luber umum dan rahasia. Ayo apa artinya? Iya kamu sendiri. Makanya kalau bener nih udah mau milih”.

Kesimpulan

Konten yang mengeklaim bahwa Megawati menyebut masyarakat Jawa Barat banyak pembohong adalah menyesatkan. Video tersebut merupakan hasil suntingan atau editan.

Megawati mengucapkan hal tersebut dalam konteks berkampanye dan menanyakan kesungguhan warga, bukan dalam rangka menyebut atau menjustifikasi bahwa masyarakat Jawa Barat banyak pembohong.


Sumber:

https://www.facebook.com/share/r/eF9LRSZWpuQ4NrPG/?mibextid=UalRPS

https://www.youtube.com/live/-xLuxHVPoh0?si=bJiarmwauweXlA_x

https://news.okezone.com/read/2024/01/22/525/2958359/megawati-ajak-warga-jawa-barat-menangkan-ganjar-mahfud-1-putaran-di-pilpres-2024

KEYWORD :

Cek Fakta Megawati Jawa Barat Kampanye PDIP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :