Jum'at, 03/05/2024 09:23 WIB

MangoStar Telkomsat Mudahkan Layanan Perbankan Digital di Pulau Sambu

MangoStar adalah solusi teknologi satelit berorbit rendah (Low Earth Orbit Satellite) yang dimiliki oleh Telkomsat.

Teknologi satelit berorbit rendah, Mangostar, di Pulau Sambu,

Jurnas.com – PT Telkomsat, anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia (persero) Tbk, menjalin kerja sama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dalam penyediaan solusi teknologi satelit berorbit rendah, Mangostar, di Pulau Sambu, Sei Guntung, Riau. Melalui solusi Mangostar ini, aplikasi digital Livin’ by Mandiri dapat diakses untuk para karyawan PT Pulau Sambu (Sambu Group) di wilayah terpencil tersebut.

MangoStar adalah solusi teknologi satelit berorbit rendah (Low Earth Orbit Satellite) yang dimiliki oleh Telkomsat. Melalui solusi Mangostar, konektivitas internet di wilayah terpencil, seperti di Pulau Sambu, dapat diberikan. Dengan peluncuran layanan ini, baik Telkomsat maupun Bank Mandiri berharap akan ada peningkatan signifikan transaksi perbankan digital dengan proses yang lebih cepat dan tanpa hambatan.

Direktur Utama Telkomsat Lukman Hakim Abd. Raauf mengatakan, kolaborasi dengan Bank Mandiri tidak hanya membuka jalan untuk berinovasi dalam layanan perbankan digital, tetapi juga menunjukkan komitmen Telkomsat dalam memastikan bahwa teknologi dapat diakses oleh seluruh lapisan masyakat, baik yang berada di wilayah terpencil dan sulit diakses jaringan BTS ataupun fiber optic.

“Kami percaya bahwa teknologi satelit berorbit rendah pada layanan MangoStar akan menjadi kunci untuk membuka potensi jaringan digital di Indonesia.” Jelas dia di Jakarta, Rabu (13/12).

Terpisah, Kepala Cabang Bank Mandiri Sungai Guntung, Pulau Sambu, Boy Budiansyah, mengatakan, teknologi MangoStar diharapkan dapat membantu Bank Mandiri di dalam meningkatkan penetrasi layanan perbankan digital Livin` by Mandiri di wilayahnya, membawa kemajuan, dan menyebarkan inovasi ke daerah-daerah yang sebelumnya kurang terjangkau oleh akses internet. "Dengan penerapan teknologi satelit low earth orbit ini, nasabah kami dapat lebih mudah melakukan transaksi digital dalam semua aktivitas perbankan mereka," ujar Budiansyah di Pulau Sambu, Riau.

Penerapan layanan MangoStar ini menunjukkan dedikasi Telkomsat dalam menghadirkan solusi telekomunikasi inovatif, yang tidak hanya memenuhi kebutuhan telekomunikasi saat ini, tapi juga membuka peluang untuk kemajuan teknologi di masa depan. Dengan dukungan dari TelkomGroup dan Bank Mandiri, kerja sama ini diharapkan menjadi langkah awal dalam menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, serta membawa manfaat bagi masyarakat luas, khususnya di Pulau Sambu dan daerah sekitarnya.

Kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi milestone penting dalam usaha meningkatkan inklusivitas digital di Indonesia, serta membawa akses teknologi dan layanan perbankan digital lebih luas lagi ke seluruh penjuru nusantara.

Sementara itu, salah satu karyawan PT Pulau Sambu yang merupakan produsen kelapa dan santan Kara, Sutan Simanjuntak, mengungkapkan kegembiraannya atas kehadiran MangoStar di lokasi kerjanya. "Saya ingin memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Bank Mandiri yang telah berkolaborasi dengan TelkomGroup untuk mengimplementasikan layanan MangoStar dari Telkomsat sehingga kami bisa mengakses aplikasi Livin` by Mandiri di lokasi kami," ujarnya gembira.

Sutan Simanjuntak menambahkan bahwa kehadiran teknologi Mangostar telah mempermudah dirinya dan rekan-rekan kerjanya dalam menjalankan aplikasi perbankan digital dan memungkinkan para karyawan untuk melakukan transaksi perbankan tanpa perlu khawatir mengenai kuota internet mereka. Dia berharap layanan ini dapat terus berkembang dan mencapai area-area terpencil lainnya yang mengalami keterbatasan akses internet.

KEYWORD :

Telkomsat Telkom Indonesia Satelit Mangostar Pulau Sambu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :