Sabtu, 27/04/2024 21:37 WIB

Survei LSI Tunjukkan Anies-Sandi Unggul

Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi) unggul dengan suara 51,4 persen, sedangkan pasaangan Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) 42,7 persen. Adapun yang belum menentukan pilihan sebesar 5,9 persen

Ilustrasi Pilkada DKI Jakarta

Jakarta - Seminggu sebelum pencoblosan Pilkada DKI 19 April 2017, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mengeluarkan survei. Hasilnya, pasangan calon nomor urut 3, Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi) unggul dengan suara 51,4 persen, sedangkan pasaangan Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) 42,7 persen. Adapun yang belum menentukan pilihan sebesar 5,9 persen.

Survei LSI ini dilakukan pada 7-10 April 2017 di Jakarta, secara tatap muka terhadap 440 responden. Responden dipilih menggunakan metode multistage random sampling. Margin of error survei ini plus-minus 4,8%. Survei dilengkapi pula dengan riset kualitatif (FDG/focus group discussion, media analisis, dan indepth interview.

"Hampir semua survei yang dipublikasikan resmi menunjukkan Anies-Sandi unggul. Setidaknya sudah ada lima lembaga survei yang secara resmi sudah mempublikasikan risetnya," ujar Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa Kamis (13/4).
Dalam survei ini juga ditemukan bahwa pasangan Anies-Sandi unggul ketimbang pasangan Ahok-Djarot pada pemilih muda. Ahok-Djarot hanya menang pada segmen pemilih yang usianya 50 tahun ke atas.
"Pemilih muda, kemudian di bawah 50 tahun lebih ke Anies-Sandi. Sementara di 50 tahun ke atas ini Ahok-Djarot unggul dari Anies-Sandi," kata Ardian.

Dipaparkan, pada pemilih yang berusia 19 tahun atau di bawahnya pasangan Anies-Sandi unggul dengan perolehan suara sebesar 59,3 persen sedangkan Ahok-Djarot hanya memperoleh dukungan sebesar 33,9 persen dan 6,8 persen lainnya belum menentukan pilihan.

Anies-Sandi kembali unggul pada pemilih yang berusia 20 tahun hingga 29 tahun dengan perolehan dukungan sebesar 49,4 persen. Sementara pasangan Ahok-Djarot memperoleh dukungan sebesar 44,9 persen dan hanya 5,7 persen pemilih yang belum menentukan pilihan.

Demikian juga pada pemilih dengan usia antara 30-39 tahun, pasangan Anies-Sandi kembali unggul dengan perolehan suara sebesar 55,3 persen. Sementara, pasangan Ahok-Djarot hanya memperoleh dukungan sebesar 38,3 persen, dan 6,4 persen lainnya belum menentukan pilihan.

Bahkan pada pemilih dengan usia antara 40-49 tahun, pasangan Anies-Sandi unggul dengan perolehan suara sebesar 59,4 persen. Sementara, pasangan Ahok-Djarot memperoleh dukungan sebesar 33,8 persen dan hanya 6,8 persen yang belum menentukan pilihannya.

Ahok-Djarit baru unggul pada pemilih dengan usia 50 tahun ke atas, dengan perolehan suara sebesar 52,0 persen. Pada segmen ini, Anies-Sandi hanya memperoleh dukungan sebesar 43,1 persen dan 4,9 persen lainnya belum tentukan atau merahasiakan pilihan

KEYWORD :

LSI Anies-Sandi Pilkada




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :