Minggu, 05/05/2024 10:16 WIB

PKB dan NasDem, Partai Pendukung Pasangan AMIN Paling Moncer di Tiktok

Evello menggunakan enam metrik untuk mengukur interaksi partai politik dengan warga Tiktok. Enam metrik tersebut adalah Diggs, Comment, Shares, Shares to Whatsapp, Download, Collect dan Plays.

Ilustrasi platform media sosial TikTok. (Foto: La Republica)

JAKARTA, Jurnas.com – Partai Kebangitan Bangsa (PKB) dan Partai NasDem adalah dua partai pendukung pasangan bacapres Anies Baswedan dan bacawapres Muhaimin Iskandar (AMIN) yang paling banyak berinteraksi di jejaring media sosial Tiktok.

“Nasdem dan PKB memiliki interaksi terbesar di jejaring Tiktok” ujar Dudy Rudianto, Founder Evello di Jakarta, Senin (16/10/2023).

Hal itu berdasarkan penelitian lembaga analitik Big Data Evello yang dilakukan pada periode 13 Agustus – 13 Oktober 2023 untuk mengukur sejauh mana interaksi pengguna tiktok dengan partai politik.

Evello menggunakan enam metrik untuk mengukur interaksi partai politik dengan warga Tiktok. Enam metrik tersebut adalah Diggs, Comment, Shares, Shares to Whatsapp, Download, Collect dan Plays.

“Semakin tinggi nilai metrik, semakin tinggi pula interaksi yang terjadi” ujar Dudy.

Tiktok adalah platform yang paling digandrungi karena sifatnya yang menyenangkan, ringan dan berbasis video.

“Karenanya, penggunanya punya kebiasaan untuk berbagi sebuah konten, baik berbagi ke berbagai platform lainnya, atau berbagi ke jejaring pengirim pesan pribadi whatsapp” ujarnya lebih lanjut.

Menurutnya pada periode 13 Agustus – 13 Oktober 2023, NasDem ditonton sebanyak 116 juta dan PKB sebanyak 96 Juta kali tayang. Jumlah tayang ini jauh meninggalkan keramaian warga Tiktok yang nonton PKS dan Partai Ummat ujar Dudy.

Dari pantauan Evello, tak seluruh metrik dikuasai oleh NasDem. PKB pada periode pantau yang sama unggul dalam jumlah percakapan bersama warga Tiktok.

PKB menuai percakapan 336 ribu komentar berbanding 328 ribu komentar tentang NasDem.

Sementara PKS menuai percakapan sebanyak 12 ribu dan Partai Ummat 8 ribu komentar,” terangnya.

Sementara untuk interaksi melalui tombol diggs, pasangan AMIN menuai 2,8 juta diggs melalui NasDem, 2,3 juta diggs melalui PKB, 184 ribu diggs melalui PKS, dan 124 ribu diggs melalui Partai Ummat.

Untuk sebaran, NasDem 163 ribu shares, PKB 123 ribu shares Partai Ummat 13 ribu shares, dan PKS 9 ribu shares. Adapun jumlah video diunduh 102 ribu melalui NasDem, 87 ribu melalui PKB, 9 ribu melalui Partai Ummat, dan 8 ribu melalui PKS.

Sebaran ke jejaring WhatsApp terbanyak melalui NasDem 73 ribu, 54 ribu melalui PKB, 6 ribu melalui Partai Ummat, dan 3,9 ribu melalui PKS.

Sementara untuk jumlah video dikoleksi melalui, 177 ribu melalui NasDem, 134 Ribu melalui PKB, 4,7 ribu melalui Partai Ummat dan 4,3 ribu melalui PKS.

Dari data-data analitik ini, Evello berkesimpulan bahwa masih terbuka peluang partai-partai pendukung pasangan Amin untuk berelaborasi lebih jauh.

“Termasuk gas poll yang sudah dilakukan oleh PKB setelah bergabung ke dalam koalisi perubahan” ujar Dudy.

KEYWORD :

PKB NasDem PKS Ummat Tiktok Pasangan AMIN




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :