Jum'at, 03/05/2024 01:50 WIB

Hadiri Kongres FIATA Brussel, Yukki: ALFI Penggerak Logistik Berkelanjutan

Strategi adaptif dan kolaboratif dari pelaku usaha logistik menjadi hal kritikal di masa yang akan datang.

Konres FIATA di Brussel, Belgia. Foto: dok. Jurnas.com

JAKARTA, Jurnas.com - Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia (ALFI) hadir dalam kongres tahunan Federasi Internasional Asosiasi Freight Forwarders (FIATA) di Brussel, Belgia, 1-6 Oktober 2023.

Ada hal yang menarik pada pertemuan tersebut, terutama berkaitan dengan tema kongres yang berbicara tentang logistik dan perubahan iklim.

"Serta antusiasme dan ketertarikan generasi muda mereka terhadap industri logistik di belahan Eropa," kata Ketua Umum DPP ÀLFI Yukki Nugrahawan Hanafi, Selasa (10/10/2023).

Menurut Hanafi, hal ini menunjukkan potensi dan kemampuan industri logistik dalam beradaptasi dengan perubahan zaman untuk mencapai sustainability.

Secara khusus, Yukki Nugrahawan Hanafi, yang hadir pada acara tersebut dalam kapasitasnya sebagai Chairman FIATA Regional Asia Pacific, menyatakan, "Kongres ini menjawab concern saya tentang masa depan industri ini. Asia Pasifik khususnya ASEAN telah diproyeksikan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi global pada tahun yang akan datang."

"Oleh karena itu Indonesia dengan bonus demografi memiliki potensi lebih banyak untuk membangun talenta muda di industri kita, tidak hanya untuk kebutuhan nasional tapi juga memenuhi kebutuhan dunia," ujarnya.

Menurutnya, keberlanjutan dan pengoperasian logistik yang ramah lingkungan atau logistik hijau menjadi  agenda penting pelaku logistik di dunia dan ditampakkan dengan tema kongres FIATA kali ini climate change of logistics.

"Hal ini telah menjadi suatu keharusan dalam semua aspek kehidupan termasuk industri kita," tuturnya.

Yukki menambahkan, pelaku logistik perlu melakukan strategi dan adaptasi yang lebih baik, tidak hanya demi kelestarian bumi namun juga kelestarian bisnis.

"Strategi adaptif dan kolaboratif dari pelaku usaha logistik menjadi hal kritikal di masa yang akan datang," umbuhnya.

Ia menegaskan, ALFI sebagai wadah pelaku penyedia jasa logistik tanah air telah mengidentifikasi hal ini dan mengantisipasi dengan konsolidasi organisasi dengan anggota.

Di FIATA World Congres 2023 di Brussels kali ini, Yukki terpilih kembali sebagai Chairman FIATA Regional Asia pacific untuk periode kedua.

Dalam perhelatan ini ALFI mengirimkan  delegasi yang diwakili Pengurus DPP dan Pengurus ALFI DPW DKI Jakarta.

FIATA adalah organisasi non-pemerintah yang mewakili perusahaan penyedia jasa logistik dan forwarder di seluruh dunia.

Menurut Laporan Tahunan FIATA 2021, FIATA menghitung 109 Anggota asosiasi yang mewakili industri pengiriman barang dalam suatu wilayah dan 5.959 anggota perorangan.

KEYWORD :

ALFI FIATA Logistik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :