Senin, 20/05/2024 21:06 WIB

Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Telinga wajib dijaga kebersihannya untuk menghindari seseorang berisiko kehilangan kemampuan mendengar

Pentingnya jaga kesehatan telinga ( Foto : Orami )

Jakarta, Jurmas.com - Ketika kesehatan telinga tidak dijaga dengan baik, dampak negatif kehilangan pendengaran bisa terjadi. Maka dari itu, menjaga kesehatan telinga menjadi penting untuk diperhatikan.

Berikut beberapa langkah tepat yang perlu dilakukan secara berkala dalam menjaga kesehatan telinga. 

Bersihkan telinga dengan benar

Saat membersihkan telinga, ada baiknya untuk membersihkan pada bagian luar atau daun telinga saja. Pasalnya, telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri yakni karena ada bulu-bulu halus serta bentuknya yang bersudut mampu menjaga telinga dari masuknya kotoran berlebih.

Hindari bersihkan dengan cutton bud

Sebab, membersihkan telinga dengan cotton bud bisa membuat kotoran telinga terdorong ke bagian dalam telinga, sehingga membuatnya semakin masuk ke dalam dan mengendap. Maka dari itu, Anda hanya perlu membersihkan pada daun telinganya saja.

Hindari telinga dari suara keras yang lama

Sebab, terlalu lama berada di lingkungan bising bisa memengaruhi pendengaran, termasuk membuat pendengaran berkurang hingga menjadi tuli. Jika terpaksa harus berada di lingkungan yang bising, seperti bekerja di pabrik, Anda dianjurkan untuk menggunakan pelindung telinga.

Hindari penggunaan earphone jangka panjang

Agar tetap aman, ada baiknya penggunaan earphone dilakukan tidak lebih dari satu jam. Jangan lupa juga untuk mengatur volume suaranya agar tidak terlalu keras dan menyakiti telinga.

Jaga telinga tetap kering

Situasi ini secara tidak sadar dapat memicu infeksi dan iritasi pada telinga. Maka dari itu, selalu jaga jagalah telinga agar kondisinya tetap kering. Jika Anda hobi berenang, sebaiknya gunakan penyumbat telinga untuk mencegah air masuk ke dalam telinga.

Rutin konsultasikan dokter

Pasalnya, semakin tua umur seseorang, semakin rentan ia terhadap gangguan pendengaran. Jika Anda memiliki keluhan pada pendengaran

KEYWORD :

Telinga cara merawat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :