Senin, 13/05/2024 02:47 WIB

Cara Jitu Membersihkan Gigi Bayi Agar Sehat

Menjaga kesehatan gigi anak penting dimulai sejak bayi. Untuk memulainya, ada beberapa langkah ampuh merawat gigi bayi yang bisa Anda lakukan

Cara merawat gigi bayi ( Foto : theasianparent )

Jakarta, Jurnas.com - Merawat gigi bayi sejak ia berusia 6 bulan sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulutnya sampai dewasa nanti.

Akan tetapi, jika gigi bayi belum muncul, Anda cukup membersihkan gusi bayi dengan cara mengusapnya lembut menggunakam kain bersih yang dicelupkan ke air hangat.

Berikut ini adalah beberapa langkah ampuh merawat gigi bayi yang bisa Anda lakukan secara rutin:

1. Menyikat gigi bayi dengan benar

Ketika bayi mulai tumbuh gigi, Anda bisa menyikat giginya dengan sikat gigi khusus bayi. Sedangkan untuk pasta gigi bayi, bisa memakai yang mengandung fluoride.

Kemudian, dalam membersihkan gigi bayi, Anda dapat mengoleskan pasta gigi sebesar butiran beras ke atas sikat gigi bayi. Lalu, sikatlah bagian luar dan dalam gigi bayi setidaknya 2 kali sehari dengan lembut.

2. Menghindari kebiasaan bayi tidur dengan botol susu di mulutnya

Ketika Anda membiarkan bayi tidur dengan dot botol, menyebabkan susu akan mengumpul di mulut sehingga bisa terjadi kerusakan pada gigi.

Ini merupakan cara yang paling utama dalam mencegah kerusakan gigi bayi. 

Penggunaan botol susu juga sebaiknya dihentikan ketika anak berusia 1 tahun.

3. Memberikan makanan sehat setiap hari

Ketika bayi sudah boleh mengonsumsi makanan lain selain ASI, biasakan untuk memberinya makanan sehat dan bergizi seimbang. Hindari memberikan makanan yang banyak mengandung gula karena dapat menimbulkan kerusakan gigi.

Selain itu, jangan lupa memberikan air putih pada bayi setelah makan, kemudian bilas sisa makanan yang masih menempel di giginya.

4. Membawa bayi ke dokter gigi

Pasalnya, kebanyakan orang tua membawa bayi atau anak mereka ke dokter gigi hanya ketika gigi bayi atau anak sudah berlubang dan sakit. Tentunya hal ini tidak benar.

Justru ketika gigi bayi mulai tumbuh, Anda juga sebenarnya perlu memeriksakannya ke dokter gigi.

Maka, dengan melakukan pemeriksaan rutin, dokter gigi dapat memantau pertumbuhan gigi bayi.

KEYWORD :

Gigi bayi cara merawat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :