Sabtu, 18/05/2024 22:00 WIB

Cara Ampuh Mencegah Gigi Berlubang

Perawatan gigi harus dilakukan dengan hati-hati. Pasalnya, perawatan yang salah justru dapat merusak lapisan gigi dan mengakibatkan gigi mudah berlubang.

Tips merawat gigi ( Foto : Suara.com )

Jakarta, Jurnas.com - Kebersihan mulut yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah salah satunya gigi berlubang.

Untuk mencegah permasalahan itu, perlunya dilakukan perawatan gigi yang tepat, mulai dari menyikat gigi hingga melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter gigi.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan gigi:

1. Menggosok gigi

Disarankan untuk menggosok gigi secara teratur, yaitu dua kali sehari selama dua menit dengan cara yang tepat. Kebiasaan perawatan gigi ini dapat dimulai setiap pagi setelah sarapan.

Namun, Anda sebaiknya menunggu sekitar 30–60 menit sebelum menggosok gigi, utamanya jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang tergolong asam, seperti roti panggang, jeruk, atau kopi.

Hal ini untuk mencegah lapisan pelindung gigi agar tidak terkikis akibat makanan atau minuman yang bersifat asam itu.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk menggosok gigi pada malam hari sebelum tidur, ini baik untuk menghilangkan kuman dan plak dari sisa makanan atau minuman yang menumpuk sepanjang hari. 

2. Memilih pasta gigi mengandung fluoride

Ini karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri gigi berlubang.

Selain itu, dapat memperkuat enamel yang membuat gigi lebih tahan terhadap asam dari plak yang menyebabkan kerusakan gigi.

3. Menggunakan obat kumur

Disarankan menggunakan obat kumur antiseptik setidaknya satu kali dalam sehari dapat mencegah pembentukan plak dan penyakit gusi.

4. Membatasi konsumsi makanan atau minuman manis

Hal ini karena makanan atau minuman manis dapat meningkatkan produksi asam yang merusak lapisan enamel gig. Kebiasaan inilah yang dapat mempercepat kerusakan gigi.

Selain itu, Anda sebaiknya memperbanyak konsumsi buah dan sayuran serta air putih agar kesehatan gigi tidak terganggu.

5. Memeriksakan gigi secara rutin ke dokter

Disarankan ke dokter gigi minimal setiap enam bulan sekali. Ini bertujuan untuk menghilangkan plak yang mungkin terlewat saat menyikat gigi atau ketika menggunakan benang gigiDokter gigi juga mungkin akan melakukan scalling untuk menghilangkan karang gigi yang tidak dapat dijangkau selama perawatan gigi rutin setiap hari.

KEYWORD :

Gigi berlubang cara merawat mencegah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :