Sabtu, 18/05/2024 22:59 WIB

Begini Caranya Meredakan Nyeri Gigi Berlubang Tanpa Obat

Gigi berlubang sering kali menjadi penyebab nyeri yang tidak tertahankan. Untuk mengatasi gigi berlubang bisa lakukan tanpa obat.

Cara atasi gigi berlubang ( Foto : Merdeka.com )

Jakarta, Jurnas.com - Umumnya gigi berlubang berawal dari plak yang mengikis lapisan terluar (email) gigi. Plak sendiri berasal dari sisa makanan dan kuman yang menjadi asam, salah satunya karena tidak rajin menyikat gigi.

Jika tidak teratasi, dapat menyebabkan nyeri yang parah, infeksi dan bahkan tanggalnya gigi.

Untungnya, ada cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat.

1. Berkumur air garam

Air garam berperan sebagai disinfektan alami yang membantu membasmi kuman penyebab infeksi. Selain itu, dapat melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi.

Dan juga dapat membantu mengurangi peradangan gusi dan area mulut lannya.

Untuk membuat larutan garam, Anda dapat mencampurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan sebagai cairan untuk kumur.

2. Berkumur larutan hidrogen peroksida

Ini karena dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan bahkan meredakan gusi berdarah

Untuk mendapatkan manfaat ini, larutkan hidrogen peroksida 3% ke dalam air dengan perbandingan yang sama, lalu lakukan berkumur selama 30 detik.

3. Mengompres dingin

Menempelkan kompres air dingin pada area yang nyeri selama setidaknya 20 menit, dapat membuat area tersebut terasa kebas, sehingga rasa sakit mereda. Cara ini juga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Namun, hindari menempelkan es langsung ke kulit, untuk menghindari cedera pada kulit.

4. Menempelkan teh celup

Anda juga bisa menggunakan varian teh mint. Kandungan mentol dalam teh mint dapat membuat area gigi berlubang terasa kebas dan menenangkan gusi sensitif, sehingga nyeri berkurang.

Untuk mendapatkan manfaat ini, simpan teh celup di dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya. Kemudian, tempelkan kantong teh di bagian gigi yang berlubang.

Cara mengatasi sakit gigi berlubang tanpa obat hanya sementara waktu saja.

Untuk itu, Anda harus tetap menjadwalkan pemeriksaan dengan dokter gigi.

KEYWORD :

Gigi berlubang cara alami




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :