Jum'at, 10/05/2024 13:24 WIB

Masyarakat Perkotaan Berisiko Lebih Tinggi Alami Karies Gigi

Risiko karies gigi akan meningkat jika Anda tidak membersihkan sisa makanan tersebut pada gigi secara maksimal.

Masalah gigi di perkotaan berbeda dengan di pedesaan karena pola hidup yang tidak sehat (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Bila ditelusuri mengenai kesehatan gigi masyarakat zaman dahulu versus zaman sekarang, drg. Bambang Nursasongko menjelaskan sejak dulu, gigi berlubang (karies) memang menjadi salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling banyak terjadi.

"Namun dibandingkan pada orang aman dahulu, risiko terkena karies pada masyarakat masa kini lebih meningkat,” ujarnya.

Pola makan modern turut menambah risiko gigi berlubang. Ini bisa terlihat dari tingginya angka karies di perkotaan ketimbang di desa yang masih lebih mempertahankan kebiasaan zaman dahulu.

Karies gigi ditandai dengan adanya bercak putih atau bercak cokelat pada permukaan email gigi. Meski karies gigi kebanyakan terjadi pada anak-anak, tetapi para remaja dan orang dewasa yang banyak mengonsumsi makanan kariogenik (yaitu makanan manis yang banyak mengandung karbohidrat, lengket, dan mudah hancur di dalam mulut seperti permen, cokelat, dan berbagai kue manis) juga dapat mengalami karies gigi.

Risiko karies gigi ini akan meningkat jika Anda tidak membersihkan sisa makanan tersebut pada gigi secara maksimal. Karena kondisi karies gigi tidak menunjukkan gejala, selain rajin menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung kalsium nano.

Anda juga dianjurkan untuk rutin melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali supaya tidak “kecolongan”, yang buntutnya menyebabkan gigi berlubang. Tak ada salahnya untuk selalu waspada, karena karies gigi dapat menyerang kapan saja dan segala rentang usia.

“Masyarakat modern seperti di perkotaan, banyak makanan olahan, juga minuman manis dan berkarbonasi. Sehingga banyak karbohidrat yang difermentasi oleh bakteri,” terang drg. Bambang dari FKG UI, dalam diskusi media yang diselenggarakan Sasha Halal Toothpaste di Jakarta, Selasa (27/11).

Sedangkan masyarakat desa masih banyak mengonsumsi serat, yang membantu membersihkan gigi dari kotoran, walaupun kini, angka karies di pedesaan pun mulai meningkat, terpengaruh pola makan kota yang mulai menjalar ke desa. 

KEYWORD :

Sakit Gigi Karies Gigi Gigi Berlubang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :