Senin, 20/05/2024 16:57 WIB

Istri Mantan PM Pakistan Minta Ditahan di Penjara, Bukan tahanan Rumah Lagi

Istri Mantan PM Pakistan Minta Ditahan di Penjara, Bukan tahanan Rumah Lagi

Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dan istrinya Bushra Bibi ditutupi kain putih saat mereka tiba di Pengadilan Tinggi di Lahore, Pakistan, 15 Mei 2023. REUTERS

ISLAMABAD - Pengadilan di Pakistan pada Rabu mengabulkan permintaan istri mantan Perdana Menteri Imran Khan untuk dipindahkan ke penjara, kata pengacaranya, alih-alih menjadi tahanan rumah yang diperintahkan oleh pemerintah.

Dalam petisinya ke Pengadilan Tinggi Islamabad, Bushra Bibi menuduh pihak berwenang melanggar privasinya dan menyajikan makanan yang terkontaminasi di sel rumahnya, yang menurut dia dan pengacaranya didominasi oleh laki-laki, tuduhan yang dibantah oleh staf penjara.

Bibi mengatakan dia telah ditahan di sebuah kamar di rumah besar Khan di puncak bukit di Islamabad sejak pasangan tersebut dijatuhi hukuman pada bulan Januari atas tuduhan menjual hadiah negara secara ilegal.

Melalui pengacaranya, Bibi telah meminta untuk dipindahkan ke penjara, yang kemudian dipatuhi pihak berwenang segera setelah pengadilan mengeluarkan perintah tersebut, kata partainya dan pejabat pemerintah setempat, Afzaal Ahmad.

Pengadilan memerintahkan pihak berwenang untuk memindahkannya ke penjara Adyala di kota garnisun Rawalpindi, tempat Khan, 70, mantan bintang kriket, menjalani hukuman 14 tahun, kata partainya dalam sebuah pernyataan.

Partai tersebut mengatakan pemindahan Bibi ke penjara akan menjawab kritik bahwa dia tinggal di rumah dan bukannya di penjara adalah bagian dari kesepakatan untuk mencari konsesi dari pemerintah.

Juru bicara militer Pakistan Mayor Jenderal Ahmed Sharif mengatakan pada hari Selasa ketika menjawab pertanyaan bahwa tidak mungkin untuk membuka pembicaraan mengenai kesepakatan apa pun dengan pihak yang terlibat dalam serangan terhadap lembaga-lembaga negara.

Dia merujuk pada pendukung partai Khan yang menyerbu dan membakar instalasi militer pada 9 Mei tahun lalu sebagai protes terhadap penangkapan mantan pemain kriket tersebut, dan mengatakan bahwa mereka yang berada di balik serangan tersebut perlu meminta maaf sebelum meminta negosiasi apa pun.

Asad Qaisar, seorang pembantu dekat Khan, mengatakan kepada ARY TV lokal bahwa permintaan maaf apa pun tidak mungkin dilakukan.

Khan digulingkan dari kekuasaan pada tahun 2022, yang ia tuduhkan sebagai akibat dari konspirasi yang didukung oleh militer setelah ia berselisih dengan para jenderal militer yang berkuasa.
Militer membantah tuduhan tersebut.

KEYWORD :

Mantan PM Pakistan Imran Khan Istri Ditahan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :