Selasa, 14/05/2024 14:39 WIB

Hukuman Mantan PM Pakistan dan Istri Bertambah Lagi karena Langgar Aturan Pernikahan

Hukuman Mantan PM Pakistan dan Istri Bertambah Lagi karena Langgar Aturan Pernikahan

Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan (Foto: Shakil Adil/Reuters)

ISLAMABAD - Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dan istrinya Bushra Khan dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara dan denda pada hari Sabtu oleh pengadilan yang memutuskan pernikahan mereka pada tahun 2018 melanggar hukum, kata partainya.

Ini adalah keputusan ketiga terhadap Khan pada minggu ini dan dikeluarkan menjelang pemilihan umum nasional pada hari Kamis dimana dia dilarang ikut serta.

Khan, 71, dalam beberapa hari terakhir dijatuhi hukuman 10 tahun penjara karena membocorkan rahasia negara dan 14 tahun penjara bersama istrinya karena menjual hadiah negara secara ilegal. Perwakilannya mengatakan dia akan mengajukan banding dalam ketiga kasus tersebut.

Belum jelas apakah berbagai hukumannya akan dijalankan secara bersamaan.

Khan berada di penjara di kota garnisun Rawalpindi, sementara istrinya akan menjalani hukumannya di rumah mereka di puncak bukit di dekat Islamabad. Dia sudah menghadapi diskualifikasi 10 tahun dari memegang jabatan publik.

“Setelah berjam-jam sidang yang terburu-buru di pengadilan, tidak ada pemeriksaan silang terhadap para saksi, dan tidak ada proses hukum – sebuah olok-olok terhadap hukum,” kata partai Khan, Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), dalam sebuah pernyataan.

“Dengan cara persidangan ini dilakukan, akan ada tanda tanya besar pada pemilu tanggal 8 Februari. Ini adalah ujian bagi peradilan tertinggi Pakistan.”

Pasangan itu masing-masing didenda 500.000 rupee ($1.800), ARY News melaporkan.

Bushra dituduh tidak menyelesaikan masa tunggu yang diamanatkan Islam, yang disebut "Iddat", setelah menceraikan suami sebelumnya dan menikah dengan Khan.

Keluarga Khan menandatangani kontrak pernikahan mereka, atau "Nikkah", pada Januari 2018 dalam sebuah upacara rahasia tujuh bulan sebelum mantan superstar kriket itu menjadi perdana menteri untuk pertama kalinya.

Ada kontroversi mengenai apakah mereka menikah sebelum masa haid selesai. Setelah awalnya menyangkal pernikahan tersebut, PTI mengonfirmasinya beberapa minggu kemudian.
Khan membantah melakukan kesalahan.

“Bisa dikatakan saya adalah saksi dalam Nikkah dan ini jelas merupakan kasus palsu,” kata penasihat media Khan, Zulfi Bukhari, kepada Reuters. “Dari saksi, bukti, hingga prosedur.”

PENGADUAN PIDANA
Mantan suami Bushra, Khawar Maneka, yang telah dinikahinya selama sekitar 30 tahun, mengajukan tuntutan pidana terhadap para Khan, kata seseorang yang mengetahui langsung masalah tersebut.

Khan sering menyebut Bushra sebagai pemimpin spiritualnya. Dia dikenal karena pengabdiannya pada tasawuf, suatu bentuk mistik Islam.

Terlahir sebagai Bushra Riaz Watto, dia mengubah namanya menjadi Khan setelah menikah. Suami dan pengikutnya biasa menyebutnya sebagai Bushra Bibi atau Bushra Begum, gelar yang menunjukkan rasa hormat dalam bahasa Urdu.

Tidak jelas kapan atau bagaimana Khan bertemu Bushra, namun mantan ajudannya Aun Chaudhry mengatakan Khan terkesan dengan spiritualitasnya.

Khan, yang mempunyai citra playboy pada tahun 1990-an ketika karir kriketnya melejit, mengatakan bahwa dia sangat tertarik pada tasawuf.
Dua pernikahan Khan sebelumnya – dengan Jemima Goldsmith, putri taipan James Goldsmith, dan jurnalis televisi Reham Nayyar Khan – berakhir dengan perceraian.

Khan telah berjuang melawan puluhan kasus sejak dia digulingkan dari kekuasaannya melalui mosi tidak percaya di parlemen pada tahun 2022. Dia mengatakan pemecatannya didukung oleh kekuatan militer yang berselisih dengannya saat menjabat.

Ia dan partainya mengatakan mereka menjadi sasaran tindakan keras yang didukung militer, termasuk penangkapan ratusan pendukung, anggota partai, dan pembantu penting mereka.

Pihak militer, yang selama puluhan tahun menguasai politik Pakistan, membantah klaim tersebut.

NAB, lembaga antikorupsi yang mengadili Khan, telah beberapa kali menyelidiki, mengadili, dan memenjarakan semua perdana menteri yang menjabat sejak 2008, termasuk Nawaz Sharif, yang partainya dianggap sebagai kandidat terdepan dalam pemilu minggu depan.

KEYWORD :

Mantan PM Pakistan Imran Khan Pengadilan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :