Senin, 20/05/2024 22:23 WIB

AS Hentikan Pengiriman Senjata ke Israel saat Pertempuran Berkecamuk di Sekitar Rafah

AS Hentikan Pengiriman Senjata ke Israel saat Pertempuran Berkecamuk di Sekitar Rafah

Warga Palestina bepergian dengan truk saat mereka melarikan diri dari Rafah setelah pasukan Israel melancarkan operasi darat dan udara, di Rafah, di Jalur Gaza selatan . REUTERS

KAIRO - Hamas mengatakan mereka sedang memerangi pasukan Israel di pinggiran kota Rafah di selatan Jalur Gaza yang padat pada hari Rabu. Sebelumnya, seorang pejabat AS mengatakan Washington telah menghentikan pengiriman bom-bom kuat yang Israel bisa gunakan serangan skala penuh.

Amerika Serikat, yang berupaya mencegah invasi Israel ke Rafah, mengatakan pihaknya yakin proposal gencatan senjata Hamas yang direvisi dapat mengarah pada terobosan dalam kebuntuan perundingan, dan perundingan dilanjutkan di Kairo pada hari Rabu.

Israel telah mengancam akan melakukan serangan besar-besaran di Rafah untuk mengalahkan ribuan pejuang Hamas yang dikatakannya bersembunyi di sana, namun negara-negara Barat dan PBB telah memperingatkan bahwa serangan besar-besaran terhadap kota tersebut akan menjadi bencana kemanusiaan.

Hamas mengatakan para pejuangnya sedang memerangi pasukan Israel di timur Rafah, tempat ratusan ribu warga Palestina mencari perlindungan dari pertempuran di utara wilayah kantong tersebut. Jihad Islam mengatakan para pejuangnya menyerang tentara Israel dan kendaraan militer dengan artileri berat di dekat bandara timur Rafah.

“Jalan-jalan di kota ini bergema dengan tangisan nyawa tak berdosa, keluarga-keluarga yang tercerai-berai, dan rumah-rumah yang hancur menjadi puing-puing. Kita berada di ambang bencana kemanusiaan dengan proporsi yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Wali Kota Rafah, Ahmed Al-Sofi, dalam sebuah pernyataan. meminta komunitas internasional untuk melakukan intervensi.

Sekitar 10.000 warga Palestina telah meninggalkan Rafah sejak Senin, kata Juliette Touma, juru bicara UNRWA, badan PBB untuk pengungsi Palestina. Kantor media pemerintah Gaza yang dikelola Hamas menyebutkan jumlahnya mencapai puluhan ribu.

Seorang pejabat senior AS mengatakan pemerintahan Presiden Joe Biden menghentikan pengiriman senjata ke Israel pekan lalu sebagai respons nyata terhadap serangan Rafah yang diperkirakan akan terjadi. Gedung Putih dan Pentagon menolak berkomentar.

Pejabat tersebut, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya, mengatakan bahwa Washington telah dengan hati-hati meninjau pengiriman senjata yang mungkin digunakan di Rafah, dan sebagai hasilnya menghentikan pengiriman yang terdiri dari 1.800 bom seberat 2.000 pon dan 1.700 bom seberat 500 pon.

Ini akan menjadi penundaan pertama sejak pemerintahan Biden menawarkan dukungan “kuat” kepada Israel setelah serangan Hamas pada 7 Oktober. Washington adalah sekutu terdekat Israel dan pemasok senjata utama.

Seorang pejabat senior Israel menolak untuk mengkonfirmasi laporan tersebut, “Jika kami harus bertarung dengan sekuat tenaga, maka kami akan melakukan apa yang harus kami lakukan,” kata sumber tersebut. Seorang juru bicara militer mengatakan setiap perselisihan diselesaikan secara pribadi.

Tank-tank Israel meluncur melintasi perbatasan Rafah antara Gaza dan Mesir pada hari Selasa, memotong jalur bantuan penting dan satu-satunya jalan keluar untuk mengevakuasi pasien yang terluka.

Kompleks tersebut ditutup untuk hari kedua pada hari Rabu, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, namun Israel mengatakan pihaknya membuka kembali penyeberangan lainnya di Gaza selatan, Kerem Shalom, yang menjadi jalur pengiriman sebagian besar bantuan ke Gaza baru-baru ini.

Militer Israel mengatakan mereka telah menemukan infrastruktur Hamas di beberapa lokasi di Rafah timur dan pasukannya melakukan serangan yang ditargetkan di penyeberangan Rafah sisi Gaza dan serangan udara di seluruh Jalur Gaza.

Mereka telah memerintahkan warga sipil, yang sebagian besar telah mengungsi beberapa kali, untuk pergi ke “zona kemanusiaan yang diperluas” di al-Mawasi, sekitar 20 km (12 mil) jauhnya.

Kelompok bersenjata Hamas, Jihad Islam dan Fatah mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa baku tembak terus berlanjut di Jalur Gaza tengah, sementara penduduk Gaza utara melaporkan penembakan besar-besaran tank Israel terhadap wilayah timur Kota Gaza.

Di Kairo, delegasi perundingan dari Hamas, Israel, AS, Mesir dan Qatar bereaksi positif terhadap dimulainya kembali perundingan pada hari Selasa dan pertemuan diperkirakan akan dilanjutkan pada hari Rabu, kata dua sumber Mesir.

Direktur CIA Bill Burns akan melakukan perjalanan dari Kairo ke Israel pada hari Rabu untuk bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan mitranya dari Mossad, kata sumber pemerintah Israel.

Israel pada hari Senin menyatakan bahwa proposal tiga fase yang disetujui oleh Hamas tidak dapat diterima karena persyaratannya telah dipermudah. Juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan sebuah teks baru yang disampaikan oleh Hamas menunjukkan kesenjangan yang tersisa dapat “sepenuhnya ditutup.”

Proposal tersebut mencakup fase pertama dengan gencatan senjata selama enam minggu, masuknya bantuan ke Gaza, kembalinya 33 sandera Israel, hidup atau mati, dan pembebasan 30 anak-anak dan wanita Palestina yang ditahan oleh Israel untuk setiap pembebasan sandera Israel, menurut laporan tersebut ke beberapa sumber.

Sejak gencatan senjata selama seminggu pada bulan November, satu-satunya jeda sejauh ini, kedua belah pihak telah dihadang oleh penolakan Hamas untuk membebaskan lebih banyak sandera Israel tanpa janji untuk mengakhiri konflik secara permanen dan desakan Israel untuk hanya menghentikan sementara.

Serangan Israel telah menewaskan 34.844 warga Palestina dalam tujuh bulan perang di Gaza, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil, kata Kementerian Kesehatan Gaza.

Perang dimulai ketika militan Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menculik 252 orang lainnya, 128 di antaranya masih disandera di Gaza dan 36 orang dinyatakan tewas, menurut angka terbaru Israel.

Al-Sofi, Wali Kota Rafah, mengatakan 1,4 juta orang yang mengungsi di kota tersebut tidak punya tempat tujuan. Daerah pesisir al-Mawasi di mana penduduk di wilayah timur diperintahkan untuk pindah karena “kekurangan kebutuhan hidup”, katanya.

Sekitar 200 pasien dari Rumah Sakit Abu Youssef al-Najjar di Rafah, di daerah yang ditetapkan oleh tentara Israel sebagai zona tempur, terpaksa dievakuasi ke barat kota setelah menerima panggilan yang memperingatkan mereka untuk pergi, kata pejabat kesehatan.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Serangan Rafah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :