Senin, 04/07/2022 01:26 WIB

Tips Mudah Mengatasi Penyakit Saat Musim Hujan

Bagaimana cara menanggulangi berbagai penyakit yang ditimbulkan saat musim hujan? Bila dibiarkan dapat berakibat fatal lho

Ilustrasi makan sehat bersama keluarga.(Foto : Google)

Jakarta, Jurnas.com - Ketika musim hujan kerap kali di beberapa daerah di Indonesia mengalami banjir. Kerugian bukan hanya harta benda saja tapi juga beberapa penyakit yang mudah menyerang tubuh manusia. Sebab itu, kita harus mengetahui cara menanggulangi berbagai penyakit yang ditimbulkan saat musim hujan. Bila dibiarkan dapat berakibat fatal lho.

Udara menjadi lembab saat terjadi hujan terus menerus sehingga memudahkan berbagai jenis kuman penyakit tumbuh. Virus, bakteri, parasit dan jamur menjadi mudah berkembang biak baik di dalam maupun diluar rumah. Penyakit yang selalui menghantui di musim ini biasanya adalah demam berdarah dengue (DBD), malaria, diare, flu, tipes, hepatitis A bahkan leptospirosis.

Ikuti beberapa tips mudah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah berbagai penyakit yang sering muncul saat banjir dan musim hujan, diantaranya :

Bersihkan tempat penampungan air

Jangan biarkan adanya genangan air, terutama wadah atau tempat penampungan air merupakan tempat nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus berkembang biak. Karena itu, jangan lupa untuk menutup dan juga membersihkannya dengan rutin.

Gerakan 3M

Sebagai bentuk pencegahan dari penyakit DBD dan malaria, maka Anda dapat lakukan gerakan 3M, yaitu dengan menutup tempat penampungan air, menguras bak air secara rutin, dan mengubur barang bekas yang berpotensi menimbulkan genangan air, seperti kaleng dan botol.

Kebersihan diri

Kebersihan merupakan faktor paling utama untuk menghindari berbagai penyakit, begitupun dengan kebersihan diri. Mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, atau setelah menyentuh benda kotor, merupakan salah satu langkah utama mencegah berbagai penyakit infeksi. Selain itu, sebelum Anda memasak, pastikan bahan makanan dan peralatan memasak telah dicuci dengan bersih.

Tingkatkan daya tahan tubuh

Tubuh mampu melawan berbagai kuman virus bila Anda mempunyai imun yang kuat. Mengonsumsi makanan bergizi dan kaya antioksidan, seperti buah dan sayuran dapat memperkuat daya tahan tubuh. Jaga kualitas tidur dengan mencukupi waktu istirahat juga ampuh dalam menjaga imunitas. Dengan demikian, risiko terkena penyakit di saat banjir dan musim hujan pun bisa berkurang.

Jangan malas berolahraga

Hujan yang terus menerus tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Justru kondisi ini membutuhkan tubuh anda tetap bugar sehingga tidak mudah terserang penyakit. Olahraga dalam rumah dapat Anda lakukan seperti menggunakan sepeda statis, yoga, senam dalam ruangan, push-up, sit-up, angkat beban dan sebagainya. Menari atau naik turun tangga juga dapat Anda lakukan sebagai bagian dari olahraga. Anda disarankan untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap harinya atau minimal tiga kali seminggu.

TAGS : Tips Cara Mengatasi Mencegah Penyakit Musim Hujan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :