Senin, 20/05/2024 13:13 WIB

Media Asing Ini Sebut Pemilu 2024 Makin Sengit

Reuters memperkirakan pemilu ini akan berlangsung sengit antara Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, yang keduanya mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo.

Persaingan sengit bacapres 2024 ( Foto : RiauBisa.com )

Jakarta, Jurnas.com - Keputusan capres Anies Baswedan yang memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai wakilnya ini turut jadi sorotan media asing.

Hal ini mengutip dari Reuter, yang menyebutkan bahwa langkah Anies yang memilih Cak Imin sebagai langkah untuk menaikkan popularitasnya.

Di sisi lain disebutkan, memperkirakan pemilu ini akan berlangsung sengit antara Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, yang keduanya mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo.

"Anies justru tertinggal. Wakil presiden pilihannya, Muhaimin Iskandar, memimpin Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang memiliki hubungan kuat dengan organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), yang memiliki 40 juta anggota," tulis Reuters, dikutip Senin (25/09).

Lebih lanjut, dinilainya Muhaimin dapat memperluas daya tarik Anies dimata para pemilih lantaran PKB dan NU dipandang sebagai pendukung Islam moderat.

Dan Reuters juga menyebut, Anies memerlukan "terobosan" karena basis pemilihnya sebagian besar merupakan kaum konservatif.

"Namun, memilih Muhaimin dapat merugikan peluang Anies setelah mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan partainya menarik diri dari koalisi Anies pada hari Jumat, menuduhnya mengingkari janji untuk memilih putra Yudhoyono sebagai pasangannya," imbuh Reuters.

Kemudian, mngutip pernyataan SBY, "Jika Anda tidak bisa dipercaya sekarang, tidak bisa menepati komitmen, apa yang akan Anda lakukan saat Anda memegang kekuasaan besar?" tulis Reuters.

Kendati demikian, keputusan tersebut juga dapat merugikan kampanye Menteri Pertahanan Prabowo. Sebab, Muhaimin sebelumnya berjanji mendukungnya.

Seperti yand disampaikan oleh anggota senior Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, yang menyebut pengumuman tersebut, secara otomatis mengakhiri kerja sama politik Gerindra dan PKB. Meski begitu, partainya tetap menghormati keputusan Muhaimin.

Sementara itu, Prabowo dan Ganjar belum menyebutkan pilihan wakil presidennya. Namun kandidat ini diharapkan untuk mendaftar secara resmi antara bulan Oktober dan November.

KEYWORD :

Pemilu 2024 Reuters




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :