Jum'at, 03/05/2024 02:19 WIB

Tip Sederhana Buat Wajah Menjadi Cerah

Untuk menghilangkan kekusaman dan mencerahkan bintik hitam pada kulit, salah satunya dengan rutinitas pencerahan kulit secara alami

Cara menciptakan rutinitas pencerahan kulit untuk kulit yang muda dan bercahaya ( Foto : Jawapos )

Jakarta, Jurnas.com - Kulit yang cerah merupakan dambaan bagi sebagian orang. Namun, memutihkan kulit bukan berarti mengubah warna kulit, justru maksudnya adalah mencerahkan kulit agar tidak terlihat kusam.

Melansir dari Liveolive.com, bahwa kulit tidak bisa diputihkan dengan perawatan apapun karena warna kulit ditentukan oleh ras dan genetika. Terkadang, kulit dapat terlihat gelap dan kusam karena tidak tereksfoliasi dengan baik.

Meski begitu, agar kulit tetap bersih dan cerah, perlu dilakukan eksfoliasi secara rutin. Epidermis (lapisan kulit) terus membuat sel-sel kulit baru setiap 14-21 hari. Jika kulit mati tidak tereksfoliasi dengan baik, maka kulit akan menjadi kusam.

Disisi lain, kondisi kusam tersebut mungkin disalah artikan sebagai warna kulit yang tampak lebih gelap dari biasanya. Faktor lain seperti paparan sinar matahari juga dapat membuat kulit gelap karena saat terpapar, kulit melepaskan melanin, yaitu pigmen kulit.

Berikut beberapa bahan alami yang dapat membantu memutihkan kulit agar tidak kusam berdasarkan penelitian.

Gunakan masker tomat

Menurut penelitian, dalam 100 gram tomat, terdapat 13,7 mg vitamin C . Ketika dioleskan pada kulit, vitamin C mempercepat produksi kolagen yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan kencang.

Serta, vitamin C juga menghambat produksi melanin di kulit, sehingga membantu meringankan hiperpigmentasi dan bintik-bintik coklat, meratakan warna kulit, dan meningkatkan kecerahan kulit.

Selain itu, dapat mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV  dari matahari, sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam dan bintik hitam.

Untuk membuat masker tomat, caranya campurkan 1/2 buah tomat matang dengan 1 sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut pada kulit dan biarkan selama 15 menit. Kemudian cuci dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih.

Selain itu, tomat dapat dihancurkan hingga halus lalu rendam kapas ke dalamnya kemudian gosokkan kapas secara perlahan pada kulit. Biarkan beberapa menit kemudian bilas area tersebut dengan air hangat.

Mengoleskan air perasan lemon

Dikutip dari Dermascope.com, air perasan lemon dapat digunakan sebagai bahan mencerahkan kulit yang efektif.

Sebuah tinjauan medis tahun 2011 yang diterbitkan oleh Oregon State University tentang vitamin C menemukan bahwa sifat antioksidan vitamin C (asam askorbat) dan perannya dalam sintesis kolagen membuat vitamin C menjadi molekul penting untuk kesehatan kulit.

Masker kunyit untuk memutihkan kulit

Menurut studi dalam jurnal Phytomedicine menemukan, minyak dari kunyit dapat memutihkan kulit dalam waktu tiga minggu dengan hasil yang bertahan lama.

Selain itu, penelitian dalam aadvances in Experimental Medicine and Biology menjelaskan, kurkumin dalam kunyit berfungsi untuk melindungi kulit dengan memadamkan radikal bebas dan mengurangi peradangan.

Untuk membuat masker kunyit, cukup campurkan secangkir yogurt tawar dengan satu sendok teh kunyit. Oleskan lapisan merata pada kulit, biarkan selama 10 hingga 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

Rutin menggunakan masker madu

Ini karena madu mengandung asam alfa-hidroksi dan senyawa bioaktif lainnya yang membantu mengurangi efek pigmentasi berlebihan pada kulit, sehingga dapat mencerahkannya secara alami.

Sehingga para peneliti menyimpulkan, madu memiliki sifat pengelupasan kulit yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam sehingga dapat memutihkan kulit secara alami.

Cara membuat masker madu dimulai dengan memeras lemon ke dalam mangkuk lalu tambahkan madu dan aduk rata. Dengan menggunakan kuas, aplikasikan ke kulit. Diamkan sekitar lima menit lalu cuci bersih dengan air biasa. Ulangi ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

KEYWORD :

Wajah Cerah Bahan Alami




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :