Sabtu, 04/05/2024 03:26 WIB

Berikut Tiga Bahan Alami untuk Hilangkan Komedo

Komedo ada dua jenis, yaitu ada yang berwarna putih karena tertutup kulit dan yang berwarna hitam karena terkena udara. Jika dibiarkan, komedo bisa berubah menjadi jerawat yang mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada wajah.

Ilustrasi wajah perempuan yang mengalami komedo (Siloam Hospitaly)

Jakarta, Jurnas.com - Komedo merupakan benjolan kecil pada pori-pori kulit yang sering muncul di hidung, pipi bahkan kerutan di sudut bibir. Komedo biasanya disebabkan karena penumpukan sel kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori.

Komedo ada dua jenis, yaitu ada yang berwarna putih karena tertutup kulit dan yang berwarna hitam karena terkena udara. Jika dibiarkan, komedo bisa berubah menjadi jerawat yang mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada wajah.

Oleh karena itu, komedo harus segera dihilangkan. Salah satu cara menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Hal ini karena bahan alami sangat efektif membantu menghilangkan komedo. Apalagi bahan-bahannya mudah kita temukan disekitar kita. Berikut adalah bahan-bahan alami untuk membasmi komedo yang dirangkum dari berbagai sumber (Selasa, 19/9):

1. Putih telur

Putih telur dapat digunakan manjadi masker. Caranya, campurkan putih telur dengan 2 sendok makan air perasan lemon. Lalu, oleskan pada wajah secara merata dan utamakan pada wajah yang ditumbuhi komedo. Setelah dibiarkan selama 20 menit, lakukan pembilasan dengan air bersih.

2. Baking Soda

Siapa sangka baking soda yang fungsi utamanya sebagai pengembang membuat kue justru bisa membantu menghilangkan komedo. Caranya, dengan membuat masker dari baking soda.

Menariknya, baking soda juga mampu untuk membantu menetralkan ketidakseimbangan pH kulit. Namun ingat, sebelum menggunakan cara ini, pastikan kulit Anda tidak sensitif terhadap baking soda agar tidak menimbulkan efek samping.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang terdiri dari gandum, air, dan susu sapi atau susu nabati. Oatmeal atau yang banyak orang sebut dengan havermut dikenal sebagai sumber karbohidrat kaya serat yang menyehatkan dalam menu makanan.

Oatmel ternyata bisa menghilangkan komedo karena memiliki sifat anti inflamasi. Caranya, cukup campurkan 2 sendok makan oatmeal, 3 sendok makan yogurt, dan 1 sendok makan minyak zaitun.

Kemudian, Anda bisa membuat pasta untuk dioleskan pada wajah Anda untuk menghilangkan komedo.  Lalu, didiamkan selama 15 menit, bilas dengan air bersih.

KEYWORD :

Kesehatan wajah komedo gaya hidup masker tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :