Selasa, 14/05/2024 15:57 WIB

Wagner Latih Pasukan Khusus Belarusia di Perbatasan Polandia

Wagner Latih Pasukan Khusus Belarusia di Perbatasan Polandia

Yevgeny Prigozhin, pendiri pasukan tentara bayaran Wagner Rusia, berbicara di Paraskoviivka, Ukraina, dalam gambar diam yang diambil dari video tak bertanggal yang dirilis pada 3 Maret 2023. (Gambar: Reuters/Concord Press Service)

Moskow, Jurnas.com - Tentara bayaran Rusia dari kelompok Wagner, mulai melatih pasukan khusus Belarusia, hanya beberapa mil dari perbatasan negara tersebut dengan Polandia.

Pemimpin Wagner, Yevgeny Prigozhin, dalam sebuah video yang beredar tampak menyambut para pejuangnya di Belarusia. Dia mengumumkan tidak akan mengambil bagian dalam perang Ukraina bersama Rusia.

Sebaliknya, pentolan Wagner memerintahkan supaya pejuangnya bersiap mengumpulkan kekuatan untuk bertolak ke Afrika, sembari tetap melatih tentara Belarusia, sebagai bagian dari kesepakatan dengan Vladimir Putin, Pemimpin Rusia.

"Angkatan bersenjata Belarus melanjutkan pelatihan bersama dengan para pejuang Wagner PMC (Perusahaan Militer Swasta)," demikian keterangan Kementerian Pertahanan Belarusia, sebagaimana dikutip dari Reuters pada Kamis (20/7).

"Selama seminggu, unit pasukan operasi khusus bersama dengan perwakilan Kompeni akan melakukan tugas pelatihan tempur di jangkauan militer Brest," imbuhnya.

Minsk mengunggah gambar instruktur Wagner bertopeng, wajah mereka ditutupi sesuai dengan aturan kelompok tentara bayaran, melatih tentara Belarusia dengan kendaraan lapis baja dan kontrol drone.

Sementara itu, Polandia sebagai mantan anggota Pakta Warsawa yang telah menjadi anggota penuh aliansi militer pimpinan AS sejak 1999, mengatakan siap menghadapi berbagai skenario dan memantau situasi di perbatasan dengan Belarusia.

"Perbatasan Polandia aman, kami memantau situasi di perbatasan timur kami secara berkelanjutan dan kami siap menghadapi berbagai skenario seiring berkembangnya situasi," kata Kementerian Pertahanan Polandia.

KEYWORD :

Wagner Rusia Belarusia Polandia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :