Minggu, 12/05/2024 08:22 WIB

Pasca Vonis Penjara, Eks Presiden Afsel Terbang ke Rusia

Pasca Vonis Penjara, Eks Presiden Afsel Terbang ke Rusia

Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma mengumkan pengunduran dirinya (Foto: Sky News)

Johannesburg, Jurnas.com - Mantan pemimpin Afrika Selatan, Jacob Zuma, mendapatkan perawatan di Rusia. Informasi ini diumumkan sehari setelah pengadilan tertinggi menguatkan keputusan dia harus kembali ke penjara.

"Zuma melakukan perjalanan ke Rusia minggu lalu karena alasan kesehatan," kata juru bicaranya yang berusia 81 tahun, Zumale Mzwanele Manyi, dikutip dari AFP pada Jumat (14/7).

Manyi menambahkan, perjalanan itu bersifat pribadi, bukan rahasia, setelah informasinya dipublikasikan oleh media lokal.

"Dia akan kembali ke negara itu setelah dokternya menyelesaikan perawatan mereka," kata Manyi.

Pada Kamis (13/7) kemarin, pengadilan konstitusional menguatkan putusan bahwa Zuma harus kembali ke penjara untuk menyelesaikan masa hukuman 15 bulan, karena penghinaan terhadap pengadilan.

Namun, belum diketahui cara pengadilan mengembalikannya ke tahanan. Otoritas penjara mengaku sedang mempelajari putusan dan akan mencari nasihat hukum.

Diketahui, Zuma menjabat sebagai presiden sejak 2009 hingga 2018 sebelum lengser akibat skandal korupsi. Dia dijatuhi hukuman pada Juni 2021, usai menolak bersaksi di depan panel yang menyelidiki masalah keuangan di masa jabatannya.

Dia kemudian dibebaskan dengan pembebasan bersyarat medis hanya dalam dua bulan masa hukumannya, sebuah keputusan yang dibatalkan dan sekarang telah dikonfirmasi.

KEYWORD :

Jacob Zuma Afrika Selatan Afsel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :