Rabu, 24/04/2024 07:12 WIB

Ukraina Tolak Semua Proposal untuk Akhiri Perang dengan Rusia

Menteri luar negeri Ukraina mengatakan kepada utusan China bahwa Kyiv tidak akan menerima proposal perdamaian apa pun yang melibatkan hilangnya wilayah ke Rusia atau yang akan membekukan konflik.

Li Hui, perwakilan khusus China untuk urusan Eurasia, kanan, duduk bersama Perdana Menteri Rusia saat itu Dmitry Medvedev, kiri, pada 2015. Li berada di Kyiv pada 16 dan 17 Mei 2023 untuk pembicaraan tentang kemungkinan proses perdamaian untuk mengakhiri perang di Ukraina (File: Dmitry Astakhov/RIA Novosti/Poo via Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri Ukraina mengatakan kepada utusan tinggi China bahwa Kyiv tidak akan menerima proposal apa pun untuk mengakhiri perang dengan Rusia yang menyebabkan Ukraina kehilangan wilayah.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba membuat pernyataan tersebut selama pertemuan di Kyiv dengan Li Hui, yang merupakan perwakilan khusus China untuk urusan Eurasia dan mantan duta besar untuk Rusia.

"Kuleba berdiskusi dengan Li cara untuk menghentikan agresi Rusia," kata Kuleba seperti dilaporkan Kementerian Luar Negeri Ukraina dalam sebuah pernyataan pada Rabu (17/5).

Kuleba menekankan bahwa Ukraina tidak menerima proposal apa pun yang akan melibatkan hilangnya wilayahnya atau pembekuan konflik. "Memulihkan kedamaian yang adil di Ukraina bergantung pada penghormatan terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah Ukraina," kata dia

Tidak ada kabar tentang bagaimana Li menanggapi Kuleba. Li berada di Kyiv pada Selasa dan Rabu untuk mempromosikan negosiasi yang dipimpin Beijing untuk menyelesaikan konflik.

Li adalah diplomat China berpangkat tertinggi yang mengunjungi Ukraina sejak Moskow menginvasi pada Februari 2022 dan kedatangannya di Kyiv terjadi tiga minggu setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara melalui telepon dengan pemimpin China Xi Jinping.

Zelenskyy juga menunjuk duta besar Ukraina yang baru untuk China pada hari yang sama, lapor organisasi media Kyiv Independent.

Para pejabat di Kyiv telah memperingatkan menjelang kunjungan China bahwa Ukraina tidak membutuhkan mediasi demi mediasi. "Mengakhiri perang dengan kompromi dengan mengorbankan Ukraina tidak akan berhasil," kata seorang pejabat senior Ukraina, yang berbicara tanpa menyebut nama, kepada kantor berita Prancis Agence France-Presse.

Beijing mengatakan tujuan kunjungan itu adalah untuk berkomunikasi dengan semua pihak tentang penyelesaian politik krisis Ukraina.

Li sekarang diperkirakan akan mengunjungi Moskow, menurut pemerintah China, dan juga Polandia, Jerman, dan Prancis untuk membahas kemungkinan solusi politik atas konflik tersebut.

Xi, yang mengunjungi Moskow pada bulan Maret dan bertujuan untuk memposisikan China sebagai mediator netral, telah dikritik karena menolak mengutuk serangan Kremlin terhadap tetangganya dan perang yang sekarang berlangsung selama 15 bulan. China juga mendukung Moskow secara politik.

 

Negara-negara pendukung Ukraina melihat sedikit prospek saat ini untuk perdamaian yang dirundingkan, terutama karena desakan Rusia untuk mencapai tujuan perangnya dan tuntutan Kremlin agar Kyiv mengakui aneksasi Rusia atas Semenanjung Krimea dan provinsi Donetsk, Kherson, Luhansk, dan Zaporizhia Ukraina, yang sebagian besar negara telah dikecam sebagai ilegal.

Ukraina telah menolak tuntutan tersebut dan mengesampingkan pembicaraan dengan Rusia sampai pasukannya mundur dari semua wilayah pendudukan.

Rencana perdamaian 10 poin Zelenskyy sendiri juga mencakup pengadilan internasional untuk mengadili kejahatan agresi, yang memungkinkan Rusia dimintai pertanggungjawaban atas invasinya.

Zelenskyy mengatakan kepada wartawan selama kunjungannya baru-baru ini ke Italia bahwa ada sedikit gunanya upaya negara-negara tertentu untuk mencoba menengahi antara Ukraina dan Rusia untuk mengakhiri perang, yang dibutuhkan adalah "perdamaian yang adil" berdasarkan formula perdamaian Ukraina.

"Rusia memulai perang. Rusia mengambil nyawa. Perang ada di tanah kami. Kita tahu semua krisis yang terjadi, tantangannya: nuklir, lingkungan, pangan, energi. Hanya kami yang tahu seperti apa," kata Zelenskyy menanggapi pertanyaan tentang China atau kemungkinan peran Vatikan dalam upaya perdamaian.

“Kami tidak mengusulkan rencana buatan – kami telah mengusulkan bagaimana keluar dari situasi ini, untuk mengakhiri perang – menurut hukum, menghormati Piagam PBB, hukum internasional, orang, nilai-nilai,” katanya, menurut sebuah transkrip. di situs web Presiden Ukraina.

Beberapa negara Afrika serta Brasil dan Vatikan telah berbicara mendukung pembicaraan damai.

Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa mengatakan pada Selasa bahwa Putin dan Zelenskyy telah setuju untuk menjadi tuan rumah "misi perdamaian para pemimpin Afrika" di Moskow dan Kyiv.

Ramaphosa tidak memberikan kerangka waktu atau menguraikan parameter apa pun untuk kemungkinan pembicaraan damai yang akan melibatkan delegasi pemimpin dari enam negara Afrika untuk membahas kemungkinan rencana perdamaian.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina China Afrika Selatan Cyril Ramaphosa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :