Senin, 29/04/2024 05:13 WIB

AS-India Umumkan Perjanjian Pertahanan dan Perdagangan

AS-India Umumkan Perjanjian Pertahanan dan Perdagangan

Perdana Menteri India, Narendra Modi, dan Presiden AS Joe Biden (Foto: Reuters)

Washington, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) dan India mengumumkan kesepakatan perjanjian pertahanan dan perdagangan, usai pertemuan antara Presiden Joe Biden dan Perdana Menteri Narendra Modi di Washington.

Dikutip dari Reuters pada Kamis (22/6), Biden menggelar karpet merah untuk Modi di Gedung Putih, dilanjutkan dengan jamuan makan malam kenegaraan di Oval Office pada Rabu (21/6) malam.

Usai pertemuan tersebut, untuk pertama kalinya, Modi meladeni konferensi pers dengan awak media Gedung Putih, hal yang belum pernah dia lakukan sejak menjadi perdana menteri sembilan tahun lalu.

Dikatakan, kedua negara menyepakati kerja sama di bidang semikonduktor, mineral penting, teknologi, kerja sama luar angkasa, dan kerja sama pertahanan dalam rangka melawan dominasi China.

Beberapa kesepakatan juga dimaksudkan mengurangi ketergantungan India terhadap pasokan dari China, sekaligus membatasi pengaruh Beijing di kawasan Indo-Pasifik.

"Kedua pemimpin akan memandatangani kesepakatan pelopor untuk memungkinkan General Electric memproduksi mesin jet di India, untuk menggerakkan pesawat militer," kata salah seorang pejabat senior AS yang dikutip Reuters.

Di bidang militer, India berencana membeli pesawat tanpa awak MQ-9B SeaGuardian bersenjata buatan AS. Juga, produsen chip AS, Micron Technology, akan membangun pabrik pengujian dan pengemasan semikonduktor baru di wilayah Gujarat.

KEYWORD :

Amerika Serikat India Narendra Modi Joe Biden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :