Minggu, 28/04/2024 02:33 WIB

Vladimir Putin Memproklamasikan Berakhirnya Neokolonialisme yang Buruk

Putin telah berulang kali mengecam dominasi Amerika Serikat (AS) dalam politik internasional dan berusaha menampilkan serangan Moskow di Ukraina sebagai pertempuran melawan Barat yang dekaden.

Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara pada forum ekonomi tahunan di Saint Petersburg (Foto: Agen foto pembawa acara RIA Novosti/AFP/Alexei Kudenko / Mikhail Korytov)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Vladimir Putin pada Jumat (16/6) memproklamirkan berakhirnya "neo-kolonialisme" dalam politik internasional dan memuji strategi ekonomi Rusia menyusul putusnya hubungan dengan Barat.

"Sistem hubungan internasional neo-kolonial yang buruk telah lenyap, sementara tatanan global multi-kutub menguat. Ini tidak bisa dihindari,"  kata Putin saat berpidato di forum ekonomi tahunan di St Petersburg.

Putin telah berulang kali mengecam dominasi Amerika Serikat (AS) dalam politik internasional dan berusaha menampilkan serangan Moskow di Ukraina sebagai pertempuran melawan Barat yang dekaden.

Dia menuduh negara-negara Barat menolak dialog dengan Rusia dan menyarankan agar Barat ingin mengadakan pembicaraan di masa depan. "Dan kita akan melihat pada titik apa dan apa yang bisa kita bicarakan dengan mereka," kata Putin.

Berbicara tentang ekonomi Rusia, dia mengakui bahwa kuartal kedua tahun lalu adalah yang paling sulit karena Barat menghukum Rusia dengan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Hari ini kami dapat dengan yakin mengatakan: strategi yang dipilih pada saat itu oleh negara dan bisnis Rusia berhasil," tambahnya.

Dia juga mengklaim bahwa sekitar setengah dari orang Rusia yang telah meninggalkan negara itu setelah dimulainya serangan di Ukraina telah kembali. "Proses ini terus berlanjut, tetapi jika seseorang ingin tinggal di tempat lain - silakan saja," kata Putin.

Dia mengatakan, banyak orang Rusia sekarang tinggal di Uni Emirat Arab (UEA) serta Armenia, Azerbaijan, Kazakhstan, dan Uzbekistan. "Saya tidak melihat ada yang salah di sini, biarkan orang tinggal di tempat yang mereka anggap cocok."

Putin juga mengkonfirmasi untuk pertama kalinya bahwa senjata nuklir taktis telah dikerahkan ke sekutu dekat Belarusia, sebagai pengingat bagi Barat bahwa hal itu tidak dapat menyebabkan kekalahan strategis di Rusia.

Dia menekankan bahwa dia melihat Rusia tidak perlu menggunakan senjata nuklir untuk saat ini.

"Seperti yang Anda ketahui, kami sedang bernegosiasi dengan sekutu kami, (Presiden Belarusia (Alexander) Lukashenko, bahwa kami akan memindahkan sebagian dari senjata nuklir taktis ini ke wilayah Belarusia - ini telah terjadi," kata Putin.

"Pusat nuklir pertama dikirim ke wilayah Belarus. Tapi hanya yang pertama, bagian pertama. Tapi kami akan melakukan pekerjaan ini sepenuhnya pada akhir musim panas atau akhir tahun."

Langkah tersebut, pengerahan hulu ledak pertama Moskow - senjata nuklir jarak pendek yang berpotensi digunakan di medan perang - di luar Rusia sejak jatuhnya Uni Soviet dimaksudkan sebagai peringatan ke Barat tentang mempersenjatai dan mendukung Ukraina, pemimpin Rusia. dikatakan.

"Justru sebagai elemen pencegahan agar semua orang yang berpikir untuk menimbulkan kekalahan strategis pada kita tidak menyadari keadaan ini," kata Putin, menggunakan istilah diplomatik untuk kekalahan yang begitu parah sehingga kekuatan Rusia akan berkurang di panggung dunia selama beberapa dekade.

Lukashenko, sekutu setia Putin, mengatakan pada Selasa malam bahwa negaranya telah mulai menerima pengiriman senjata nuklir taktis Rusia yang mencakup sekitar tiga kali lebih kuat daripada bom atom yang dijatuhkan AS di Jepang pada tahun 1945.

Pemimpin Rusia mengumumkan pada bulan Maret bahwa dia telah setuju untuk menyebarkan senjata nuklir taktis di Belarusia, merujuk pada penyebaran senjata semacam itu oleh AS di sejumlah negara Eropa selama beberapa dekade.

Ukraina akan segera kehabisan peralatan militernya sendiri, membuatnya sepenuhnya bergantung pada perangkat keras yang dipasok oleh Barat, merusak kemampuannya untuk berperang lama, kata Putin.

Mengingat tujuannya yang dinyatakan pada awal perang untuk "mendemiliterisasi" dan "denazifikasi" Ukraina, Putin mengatakan:

"Mengenai demiliterisasi, Ukraina akan segera berhenti menggunakan peralatannya sendiri. Tidak ada yang tersisa. Semua yang mereka lawan dan semua yang mereka gunakan didatangkan dari luar. Nah, Anda tidak bisa bertarung seperti itu lama-lama."

Sumber: AFP/Reuters

KEYWORD :

Neo-kolonialisme Politik Internasional Vladimir Putin Perang Rusia Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :