Senin, 29/04/2024 06:06 WIB

Sekjen NATO Sebut Ukraina Buat Kemajuan dalam Serangan Balasan terhadap Rusia

Ukraina telah berbicara dengan optimis tentang serangan balik mereka yang telah lama dipersiapkan di seluruh front di timur dan selatan yang pada akhirnya mengusir pasukan Rusia dari seluruh negeri.

Presiden AS Joe Biden bertemu dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di Oval Office. (Foto: AFP/Andrew Caballero-Reynolds)

JAKARTA, Jurnas.com - Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Jens Stoltenberg mengatakan, Ukraina yang didukung Barat sedang "membuat kemajuan" dalam serangannya untuk mendorong Rusia kembali dari wilayah pendudukan.

"Orang Ukraina membuat kemajuan, membuat kemajuan," kata Stoltenberg kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Ruang Oval, Gedung Putih pada Selasa (13/6).

Stoltenberg, yang berkunjung menjelang KTT NATO Juli di ibu kota Lituania, Vilnius, memberikan wawasan tentang bagaimana blok militer Barat yang kuat melihat upaya Ukraina untuk membalikkan keadaan di Rusia.

Ukraina telah berbicara dengan optimis tentang serangan balik mereka yang telah lama dipersiapkan di seluruh front di timur dan selatan yang pada akhirnya mengusir pasukan Rusia dari seluruh negeri.

Stoltenberg menekankan operasi tersebut sebagai cara untuk mendapatkan pengaruh negosiasi. "Semakin banyak tanah yang bisa dibebaskan Ukraina, semakin kuat tangan mereka di meja perundingan," katanya.

Biden menyambut baik Stoltenberg, yang akan mundur pada akhir masa jabatannya pada Oktober, dengan mengatakan bahwa reaksi NATO terhadap invasi Rusia ke Ukraina telah membuat aliansi menjadi lebih kuat.

"Kami telah memperkuat sayap timur NATO, memperjelas bahwa kami akan mempertahankan setiap jengkal wilayah NATO. Saya katakan lagi: komitmen Amerika Serikat terhadap Pasal V NATO sangat kokoh," kata Biden, mengacu pada janji oleh anggota untuk saling membela.

"Pada KTT kami di Lituania bulan depan, kami akan membangun momentum itu," kata Biden.

Sebelumnya, Stoltenberg mengatakan kepada CNN bahwa "masih awal" untuk serangan, yang dia sebut sebagai "sulit".

Sementara itu, Departemen Luar Negeri AS mengumumkan paket amunisi dan persenjataan berat baru senilai US$325 juta untuk menambah pasokan Ukraina saat serangan besarnya sedang berlangsung.

Pentagon mengatakan paket itu memberikan "kemampuan utama untuk membantu upaya Ukraina merebut kembali wilayah kedaulatannya dan mendukung pertahanan udara Ukraina saat mereka dengan berani melindungi tentara, warga sipil, dan infrastruktur penting Ukraina".

Peringatan China

Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan invasi ke negara tetangga Ukraina pada Februari 2022, dengan cepat merebut wilayah yang luas, tetapi menghadapi perlawanan yang sengit - dan terus meningkat.

Stoltenberg mengatakan, Ukraina memiliki hak untuk membebaskan tanah mereka sendiri. Namun dia juga mencirikan keputusan Barat untuk mendukung Ukraina sebagai bagian dari strategi yang lebih luas untuk menjaga stabilitas di seluruh dunia.

"Invasi brutal Rusia ke Ukraina bukan hanya serangan terhadap Ukraina, tetapi juga terhadap nilai-nilai inti kami, dan terhadap orang-orang bebas di mana pun. Oleh karena itu, Presiden Putin tidak boleh memenangkan perang ini karena itu tidak hanya akan menjadi tragedi bagi Ukraina, tetapi juga juga akan membuat dunia lebih berbahaya," kata dia.

"Ini akan mengirimkan pesan kepada para pemimpin otoriter di seluruh dunia, juga di China, bahwa ketika mereka menggunakan kekuatan militer, mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan," sambung dia.

Pertemuan kepala NATO dengan Biden dijadwalkan pada hari Senin tetapi ditunda setelah presiden AS harus menjalani perawatan gigi.

Mengacu pada politik seputar siapa yang akan menggantikannya setelah masa jabatannya sebagai kepala NATO berakhir, Stoltenberg mengatakan kepada CNN, "Saya sangat yakin bahwa mereka akan menemukan penerus yang hebat. Fokus saya sekarang adalah memimpin aliansi ini sampai masa jabatan saya berakhir, karena kami berada di tengah-tengah perang di Eropa."

"Kami percaya sekretaris jenderal telah melakukan pekerjaan yang luar biasa," kata Sekretaris Pers Karine Jean-Pierre ketika ditanya apakah Biden akan meminta Stoltenberg untuk bertahan lebih lama, sambil menekankan presiden "belum membuat keputusan" tentang siapa yang akan dia dukung untuk mengambil peran tersebut.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Serangan Balasan Ukraina NATO Barat Joe Biden Jens Stoltenberg




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :