Senin, 29/04/2024 08:19 WIB

Menlu AS Berharap Ukraina Sukses Serang Rusia

AS yakin bahwa mereka akan terus sukses setelah Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengindikasikan bahwa serangan yang telah lama dibahas sedang berlangsung.

JAKARTA, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken menyuarakan harapan, serangan yang sukses oleh Ukraina akan memaksa Presiden Rusia Vladimir Putin untuk berunding tentang mengakhiri invasinya.

Berbicara bersama timpalannya dari Italia, Blinken mengatakan, AS yakin bahwa mereka akan terus sukses setelah Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy mengindikasikan bahwa serangan yang telah lama dibahas sedang berlangsung.

"Sukses dalam serangan balasan akan menghasilkan dua hal – itu akan memperkuat posisinya di setiap meja perundingan yang muncul, dan itu mungkin memiliki efek juga menyebabkan Putin akhirnya fokus pada negosiasi untuk mengakhiri perang yang dia mulai," kata Blinken.

"Dalam hal ini, itu sebenarnya bisa mendekatkan perdamaian, bukan malah menjauhkannya," kata Blinken dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Antonio Tajani.

Blinken mengatakan bahwa serangan itu menunjukkan perlunya memaksimalkan dukungan kami ke Ukraina sekarang, sehingga dapat sukses di medan perang.

Rusia secara terbuka berbicara tentang dukungan untuk negosiasi, dengan China memimpin seruan internasional untuk mediasi. AS skeptis terhadap upaya semacam itu, melihat Rusia tidak serius dalam negosiasi dan hanya tertarik mempertahankan keuntungan teritorialnya.

Blinken mengatakan, perdamaian harus adil dan tahan lama.

"Yang kami maksud dengan tahan lama adalah perdamaian yang tidak hanya meninggalkan hal-hal di tempat di mana Rusia dapat beristirahat, mempersenjatai kembali, dan menyerang kembali enam bulan kemudian, setahun kemudian, dua tahun kemudian," katanya.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :