Sabtu, 27/04/2024 18:36 WIB

Tiga Tentara Israel Tewas Ditembak Polisi Mesir di Perbatasan

Perwira Mesir dan tentara Israel ketiga tewas dalam konfrontasi di dalam wilayah Israel beberapa jam kemudian.

Kendaraan mendekati gerbang dekat lokasi insiden keamanan yang dilaporkan di dekat perbatasan selatan Israel dengan Mesir pada 3 Juni 2023. (Foto: Reuters/Amir Cohen)

JAKARTA, Jurnas.com - Tiga tentara Israel dan seorang petugas keamanan Mesir tewas di dekat perbatasan negara itu pada Sabtu (3/6). Insiden langka ini sedang diselidiki bersama oleh kedua negara.

Militer Israel mengatakan, seorang polisi Mesir menembak dan membunuh dua tentara saat mereka mengamankan sebuah pos militer di perbatasan Mesir pada Sabtu (3/6) pagi.

Perwira Mesir dan tentara Israel ketiga tewas dalam konfrontasi di dalam wilayah Israel beberapa jam kemudian.

Militer Mesir mengatakan bahwa tiga personel keamanan Israel dan satu personel keamanan Mesir tewas dalam baku tembak saat petugas keamanan mengejar penyelundup melintasi perbatasan.

Pejabat Mesir dan Israel sedang menyelidiki keadaan insiden tersebut dengan kerja sama penuh, kata militer Israel dan dua sumber keamanan Mesir.

Militer Israel mengatakan tidak jelas bagaimana perwira Mesir itu melintasi pagar perbatasan dan tentara sedang mencari di daerah itu untuk menyingkirkan penyerang tambahan.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan dua tentara telah ditembak saat bertugas di daerah yang relatif sepi di gurun Negev di sepanjang perbatasan Mesir pada Sabtu pagi. Mayat mereka kemudian ditemukan ketika mereka tidak menjawab radio, tambah juru bicara itu.

Setelah militer memahami insiden itu sedang berlangsung, tentara mengidentifikasi infiltrasi ke wilayah Israel, yang menyebabkan baku tembak di mana penyerang, seorang polisi Mesir, dan tentara Israel ketiga tewas.

Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant mengatakan dia melakukan penilaian situasional dengan kepala staf dan bahwa militer "akan menyelidiki peristiwa tersebut sesuai kebutuhan".

Mesir pada 1979 menjadi negara Arab pertama yang menandatangani perjanjian damai dengan Israel.

Juru bicara militer Israel mengatakan bahwa meskipun upaya penyelundupan narkoba di daerah itu sering terjadi, penyusupan terakhir yang diketahui ke Israel terjadi sekitar 10 tahun yang lalu.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Baku Tembak di Perbatasan Mesir Israel Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :