Senin, 29/04/2024 00:00 WIB

Johnny Plate Tersangka, Mahfud Sebut 985 Tower BTS 4G Mangkrak

Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate sebagai tersangka dalam kasus yang merugikan negara hingga Rp8 triliun itu.

Menko Polhukam Mahfud MD (Foto. Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com , MenkopolhukamMahfud MD menyebut kasus korupsi penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastuktur pendukung 2, 3, 4 dan 5 BAKTI Kominfo menyebabkan sekitar 985 tower dalam kondisi mangkrak.

Diketahui Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate sebagai tersangka dalam kasus yang merugikan negara hingga Rp8 triliun itu.

Mahfud mengatakan kondisi ini diketahui ketika Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memeriksa keberadaan ratusan tower BTS itu melalui satelit.

"Itu kan mau membangun 4.800 tiang, nah tiang itu dijeda sama satelit oleh BPKP, ditemukan hanya ada 985. Itu pun semua yang dijadikan sampel tidak ada, hanya barang-barang mati," kata Mahfud MD dikutip Jumat (18/5).

Mahfud pun menjelaskan kondisi tower proyek BTS 4G tersebut. Proyek ini memiliki rancangan anggaran sebesar Rp28 triliun yang akan dikeluarkan sampai 2024

Guna merealisasikannya, dana yang telah dicairkan Rp10 triliun untuk proyek pembangunan tower BTS dengan target 1.200 tower dalam jangka waktu 2020-2021. Namun tower BTS 4G itu tak kunjung dibangun sampai akhir tahun 2021.

"Sebenarnya kan dimulai sejak tahun 2020 tuh sudah ada pengeluaran dana dari Rp 28 triliun yang dianggarkan sampai 2024 sudah keluar sekitar Rp 10 triliun untuk proyek 2021, dimulai tahun 2021. Tapi sampai akhir 2021 itu, barangnya enggak ada," jelasnya.

Mahfud menambahkan, meski telah diperpanjang periodenya, sampai dengan Maret 2023 hanya ada 985 tiang. Ratusan barang tersebut pun tidak dapat dioperasikan.

Dia pun mengajak agar berpikir positif. Tidak ada mengarah ke partai politik tetapi karena dugaan tindak pidana korupsi yang nantinya bisa dinilai secara terbuka di pengadilan.

Kejaksaan Agung telah menetapkan Johnny Plate sebagai tersangka dalam kasus korupsi pembangunan menara BTS 4G dan infrastruktur pendukung BAKTI Kominfo.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menaksir nilai kerugian keuangan negara akibat kasus BAKTI Kominfo mencapai Rp8 triliun.

KEYWORD :

Menkopolhukam Mahfud MD Johnny G Plate Korupsi Kominfo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :