Jum'at, 03/05/2024 01:03 WIB

Menkominfo Resmi Ditahan, DPR Minta Kejagung Tetap Bekerja Objektif

Kami meminta pihak kejaksaan tetap bekerja secara objektif agar segala persoalan dalam kasus itu terkuak dengan jelas.

Menkominfo Johnny G Plate memakai rompi khas tahanan Kejaksaan Agung. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono angkat bicara soal penetapan tersangka sekaligus penahan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

Politikus Golkar ini meminta Kejagung untuk dapat bekerja secara profesional dalam melakukan pengembangan dari kasus dugaan korupsi penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastuktur pendukung 1, 2, 3, 4 dan 5 Bakti Kementerian Kominfo tahun 2020-2022 yang menjerat Plate.

“Kami meminta pihak kejaksaan tetap bekerja secara objektif agar segala persoalan dalam kasus itu terkuak dengan jelas,” terangnya kepada wartawan, Rabu (17/5).

Sebelum ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan, Plate menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk ketiga kalinya, pagi tadi. Usai diperiksa, Menteri asal NasDem itu sudah terlihat mengenakan rompi tahanan warna merah muda.

Dave menambahkan bahwa Komisi I DPR RI bakal terus memantau jalannya proses penegakan hukum kasus ini di Kejagung.

“Kami terus memantau perkembangan kasus ini, karena ini merupakan program utama pemerintah dalam meningkatkan jarigan digitalisasi ke seluruh elemen bangsa,” tandasnya.

Diketahui, kerugian keuangan negara dalam kasus ini mencapai Rp 8 triliun.

Kejagung sudah menetapkan lima orang tersangka. Salah satunya Direktur Utama (Dirut) Bakti Kominfo Anang Achmad Latif (AAL).

Sementara itu, keempat tersangka lainnya adalah Account Director of Integrated Account Departement PT Huawei Tech Investment, Mukti Ali (MA), Komisaris PT Solitech Media Sinergy, Irwan Hermawan (IH).

Kemudian, Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia, Galubang Menak (GMS); dan Tenaga Ahli Human Development (HUDEV) Universitas Indonesia Tahun 2020, Yohan Suryanto (YS).

 

 

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi I Dave Laksono Kejagung korupsi BTS Menkominfo Johnny G Plate




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :