Sabtu, 27/04/2024 07:31 WIB

BKSAP DPR Perkuat Hubungan Diplomatik Indonesia-Lebanon

Secara garis besar, kedatangan kami untuk memperkuat hubungan diplomatik antara Indonesia dan Lebanon yang sudah berjalan sekitar 70 tahun.

Wakil Ketua BKSAP DPR, Putu Supadma Rudana. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Parlemen Lebanon dalam rangka melakukan diskusi berbagai potensi kerja sama dan memperkuat hubungan diplomatik Indonesia-Lebanon yang telah berlangsung selama 70 tahun.

Tak hanya itu, BKSAP juga menyampaikan dukungan bagi penyelesaian berbagai persoalan dalam negeri Lebanon.

"Secara garis besar, kedatangan kami untuk memperkuat hubungan diplomatik antara Indonesia dan Lebanon yang sudah berjalan sekitar 70 tahun," ujar Wakil Ketua BKSAP DPR RI sekaligus Ketua Delegasi BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana, Senin (15/5). 

Menurut dia, di tingkat global, DPR RI melalui BKSAP menjadi member dari IPU Task Force untuk resolusi perdamaian konflik Rusia-Ukraina. Saat ini, Parlemen RI dan Lebanon sama-sama merupakan Anggota Asian Parliamentary Assembly (APA) dan Inter-Parliamentary Union (IPU).

"Peran diplomasi parlemen sangat penting untuk menjembatani berbagai kepentingan nasional, sesuai amanat UU MD3 Nomor 17 tahun 2014 sebagai wujud implementasi UUD RI 1945," ucap Politikus Demokrat itu.

Karena telah kuatnya hubungan diplomatik Indonesia-Lebanon, Putu meminta Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan dukungan kepada Kontingen Garuda Indobatt di Lebanon.

"Kami berharap kunjungan dari Presiden RI sangat penting untuk memberikan dukungan penuh kepada Kontingen Garuda Indobatt kita di bawah UNIFIL (United Nations Interm Force In Lebanon), tentu bersama Menhan," tambahnya.

Putu mengatakan Kontingen Garuda Indobatt menjadi garda terdepan dalam menjaga dan menjalankan misi perdamaian di bawah UNIFIL. Sehingga, para prajurit terbaik itu perlu didukung secara penuh oleh Pemerintah maupun Parlemen. Kedatangan delegasi BKSAP juga untuk mengapresiasi secara langsung seluruh Kontingen Garuda Indobatt yang bergabung menjadi bagian dari UNIFIL.

"Kontingen Garuda perlu didukung penuh dalam peningkatan alutsista, perlengkapan, dan berbagai kebutuhan, khususnya kendaraan juga peremajaan genset. Kontingen Garuda Indobatt sebagai representasi bangsa Indonesia dalam menjalankan cita-cita konstitusi punya peran luar biasa besar bagi peningkatan kontribusi Indonesia di tingkat global," terang Putu.

"Semoga terus memberikan kontribusi bagi penciptaan perdamaian di Lebanon makin kuat, mengedepankan negosiasi, serta menghentikan permusuhan yang tentu sejalan dengan politik luar negeri RI," imbuh Anggota Komisi VI DPR RI ini.

Di sisi lain, Putu menilai Kontingen Garuda Indobatt dapat menjadi bridge-builder bagi penyelesaian konflik terutama antara Lebanon dan Israel. Serta, terus menjadi subjek diplomasi Indonesia yang menjalankan peran gandanya melalui diplomasi militer, diplomasi budaya, dan diplomasi kemanusiaan.

"Indonesia dan Lebanon merupakan negara sahabat yang secara sama-sama berjuang untuk menciptakan perdamaian, keamanan, demokrasi, dan pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM)," tutupnya.

 

 

KEYWORD :

Warta DPR BKSAP Putu Supadma Rudana kerja sama parlemen Lebanon




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :