Jum'at, 03/05/2024 13:27 WIB

Korea Utara Sebut Latihan AS-Korea Selatan Bisa Picu Perang Nuklir

Korea Utara mengkritik latihan tersebut sebagai

Pyongyang melihat latihan militer AS dan Korea Selatan sebagai pelatihan untuk serangan terhadap Korea Utara (File: Ahn Young-joon/AP)

Korea Utara mengatakan latihan AS-Korea Selatan mendorong ketegangan ke `jurang perang nuklir`

JAKARTA, Jurnas.com - Korea Utara menuduh Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan meningkatkan ketegangan ke ambang perang nuklir melalui latihan militer bersama mereka yang melibatkan aset strategis AS.

KCNA merilis komentar oleh Choe Ju Hyon, yang disebutnya sebagai analis keamanan internasional, mengkritik latihan tersebut sebagai "pemicu untuk mendorong situasi di semenanjung Korea ke titik ledakan".

"Histeria konfrontasi militer AS dan para pengikutnya yang sembrono terhadap DPRK mendorong situasi di semenanjung Korea ke bencana yang tidak dapat diubah ke ambang perang nuklir," kata artikel itu.

"Sekarang masyarakat internasional dengan suara bulat berharap awan gelap perang nuklir yang menggantung di semenanjung Korea akan disingkirkan sedini mungkin," tambahnya.

Pasukan AS dan Korea Selatan telah melakukan serangkaian latihan musim semi tahunan sejak Maret, termasuk latihan udara dan laut yang melibatkan kapal induk AS dan pembom B-1B dan B-52, dan latihan pendaratan amfibi skala besar pertama mereka dalam lima tahun.

Komentar tersebut menyebutkan partisipasi maskapai penerbangan tersebut bertujuan untuk memicu konfrontasi, mengatakan Pyongyang akan menanggapi latihan tersebut dengan melakukan pencegahan perangnya melalui "tindakan ofensif".

"Latihan itu telah mengubah semenanjung Korea menjadi majalah bubuk besar yang dapat diledakkan kapan saja," tambahnya.

Korea Utara bereaksi keras terhadap latihan tersebut, menyebutnya latihan untuk invasi.

Korea Utara telah meningkatkan aktivitas militernya dalam beberapa pekan terakhir, meluncurkan hulu ledak nuklir baru yang lebih kecil, menembakkan rudal balistik antarbenua yang mampu menyerang di mana saja di AS dan menguji apa yang disebut drone serangan bawah air berkemampuan nuklir.

Dalam pengiriman terpisah KCNA, Han Tae Song, perwakilan tetap misi diplomatik Korea Utara di Jenewa, mengecam keras resolusi tahunan yang diadopsi minggu ini oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB tentang situasi hak asasi negara.

Pyongyang telah lama menolak kritik internasional atas pelanggaran hak asasi manusianya sebagai rencana pimpinan AS untuk menggulingkan rezimnya.

Han menyebut resolusi itu sebagai tindakan provokasi dan permusuhan politik yang tidak dapat ditolerir dan dokumen penipuan yang paling dipolitisasi.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Latihan Bersama AS Korea Selatan Perang Nuklir Korea Selatan Korea Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :